Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Utara menegaskan transparansi dan integritas menjadi landasan utama bagi pemungutan suara lanjutan (PSL) di 18 tempat pemungutan suara (TPS) daerah setempat, Sabtu (24/2).

"Proses pemilu lanjutan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Ketua Bawaslu Jakarta Utara Johan Bahdi di Jakarta, Kamis

Ia mengatakan, pihaknya memberikan penekanan pada transparansi dan integritas pemilu sebagai landasan utama dalam sistem demokrasi.

Menurut dia, beberapa partai politik dan calon peserta pemilu memberikan tanggapan terhadap analisis itu. 

"Meskipun ada berbagai pendapat, partisipasi dalam proses demokrasi dihargai sebagai tonggak penting dalam pembentukan pemerintahan yang stabil dan representatif," kata dia.

Baca juga: KPU Jakarta Utara diminta untuk matangkan persiapan PSL

Ia mengharapkan dalam pemilu lanjutan ini, pemilih memberikan suara mereka dengan partisipasi yang tinggi.

"Itu agar mencerminkan keinginan masyarakat untuk melanjutkan proses demokrasi," kata dia.

Ia mengatakan reaksi masyarakat terhadap hasil pemilu lanjutan juga mencerminkan keragaman pandangan di tengah-tengah masyarakat.

Dirinya berharap agar masyarakat dapat terus mendukung dan mematuhi aturan demokrasi dan menjaga kedamaian dan stabilitas di wilayah tersebut.

"Ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang pemilu lanjutan dan mengakhiri periode pemilihan dengan damai dan transparan," kata dia.

Baca juga: Kapolres minta petugas KPPS lakukan pemeriksaan kesehatan jelang PSL

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat serta Humas Bawaslu Jakarta Utara, Ronald Reagen mengatakan PSL digelar pada 18 TPS di tiga kecamatan Jakarta Utara.

Sebanyak 12 TPS di Kelurahan Sunter Jaya di Kecamatan Tanjung Priok,  lima TPS di Kelurahan Pengangsaan Dua Kecamatan Kelapa Gading dan satu TPS di Kecamatan Pademangan.

Ia mengatakan mengenai persiapan pengawasan logistik untuk pemilu lanjutan, pihaknya akan berupaya keras melakukan fungsi pengawasan.

Pengawasannya, mulai dari aspek yang menyangkut pemungutan suara, perhitungan dan pengumuman hasil akan diperhitungkan secara cermat.

"Hal ini untuk memastikan keberlangsungan pemilihan yang lancar," kata dia.

Baca juga: KPU DKI pastikan logistik terdistribusi H-1 Pemungutan Suara Lanjutan

Selain itu, lanjutnya untuk menjaga keamanan selama pemilu lanjutan, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengawasan di lokasi setempat.

"Langkah-langkah keamanan ekstra telah diimplementasikan untuk memastikan lingkungan pemilihan aman dan kondusif bagi pemilih, petugas dan semua pihak," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024