Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta Utara meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk mematangkan persiapan pemungutan suara lanjutan (PSL) di 18 tempat pemungutan suara (TPS) daerah setempat, Sabtu (24/2).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat serta Humas Bawaslu Jakarta Utara, Ronald Reagen di Jakarta, Kamis mengatakan persiapan itu antara lain mulai dari pendistribusian logistik, keamanan hingga memastikan proses pemilihan berjalan demokratis dan baik.

"Menghadapi hari pelaksanaan pemilihan suara lanjutan persiapan yang dilakukan haruslah matang," katanya.

Ia mengatakan PSL digelar di 18 TPS di tiga kecamatan Jakarta Utara yakni 12 TPS di Kelurahan Sunter Jaya di Kecamatan Tanjung Priok, tujuh TPS di Kelurahan Pengangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading dan satu TPS di Kecamatan Pademangan.

Baca juga: KPU DKI pastikan logistik terdistribusi H-1 Pemungutan Suara Lanjutan

Ia mengatakan mengenai persiapan pengawasan logistik untuk pemilu lanjutan itu, pihaknya akan berupaya keras melakukan fungsi pengawasan.

Mulai aspek yang menyangkut pemungutan suara, perhitungan dan pengumuman hasil akan diperhitungkan secara cermat.

"Hal ini untuk memastikan keberlangsungan pemilihan yang lancar," kata dia.

Selain itu, lanjutnya untuk menjaga keamanan selama pemilu lanjutan, Bawaslu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengawasan di lokasi setempat.

Baca juga: Polres tambah personel untuk kawal pelaksanaan PSL di Jakarta Utara

"Langkah-langkah keamanan ekstra telah diimplementasikan untuk memastikan lingkungan pemilihan aman dan kondusif bagi pemilih, petugas dan semua pihak," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024