Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengingatkan jajarannya untuk memperkuat strategi kebijakan dan inovasi di 4 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua meliputi Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

"Pembinaan strategis daerah prioritas 4 DOB di Papua tahun anggaran 2024 ini akan dilakukan dengan metode dan pendekatan yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian ekosistem inovasi di 4 DOB tersebut akan semakin kuat," kata Yusharto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Gubernur Papua Tengah minta OPD dorong peningkatan kesejahteraan OAP

Dia mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan kementerian atau lembaga (K/L) yang memiliki tugas pokok dan fungsi serupa terkait pembinaan inovasi daerah. Menurutnya, kolaborasi tersebut dapat memacu percepatan peningkatan ekosistem inovasi 4 DOB di Papua itu secara signifikan.

"Keterlibatan kementerian/lembaga terkait ini untuk memberikan masukan kepada kami (BSKDN) terkait pembinaan inovasi di 4 DOB di Papua tersebut. Sehingga pelaksanaannya nanti akan lebih maksimal dan berdampak bagi masyarakat setempat," ujar dia.

Baca juga: Ekonom UI: Hutan dan tambang bisa dongkrak pertumbuhan ekonomi di DOB

Yusharto pun menjelaskanpembinaan inovasi di 4 DOB tersebut harus dilakukan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di wilayah masing-masing. Dengan demikian, pembinaan tersebut dapat menjadi langkah awal perubahan yang lebih baik, bukan saja untuk daerah yang dibina tetapi seluruh bangsa dan negara Indonesia.

"Pada dasarnya pembentukan 4 DOB ini merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat Papua melalui penyelenggaraan urusan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran," ungkap Yusharto.

Baca juga: Wapres kerahkan kemampuan pemerintah percepat pembangunan DOB di Papua

Selain itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberi banyak saran terkait rencana pelaksanaan pembinaan. Ia meyakini melalui pembinaan yang sudah dirancang dengan baik, masyarakat di 4 DOB tersebut dapat semakin sejahtera kehidupannya.

"Marilah kita berkomitmen mewujudkan segala saran baik dari Bapak/Ibu dalam tindakan nyata di lapangan nantinya. Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik awal perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan negara kita tercinta," ucapnya.

Baca juga: Gubernur berharap BPKP berperan sukseskan pembangunan DOB di Papua
Baca juga: Pusat alokasikan Rp6,6 triliun bangun empat provinsi DOB di Papua

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024