Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi(Pemprov)  Banten mendukung penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) satuan auditor pengawas intern pemerintah melalui Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dalam upaya penguatan pengawasan pembangunan di Provinsi Banten.

"Pertemuan ini penting untuk menyamakan persepsi peran  Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Maka penyamaan persepsi dan menentukan strategi itu bagian yang penting dilakukan bersama," kata Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar usai menghadiri Rapat Kerja Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Banten Tahun 2024 di Aula Inspektorat Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis.

Al Muktabar berharap pada Rapat Kerja Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Banten dapat dijadikan sebagai wadah penyamaan persepsi dalam melakukan pengawasan, guna mendukung percepatan pembangunan, baik daerah maupun nasional.

Al Muktabar menyampaikan, beberapa hal harus menjadi konsentrasi, lantaran APIP memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi.

"Ini diwadahi untuk produktif bagi pengawasan kinerja pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," katanya.

Al Muktabar juga meminta kepada APIP untuk dapat melakukan pengawasan terhadap fokus capaian tematik. Mulai dari penanganan stunting, gizi buruk, pengendalian inflasi, mendorong peningkatan investasi dan memaksimalkan pelayanan dasar.

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Banten Suyarsih Fifi Herwati mengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan profesionalitas auditor. Hal itu untuk mendukung pelaksanaan program pemerintahan dapat berjalan dengan baik

"Kami mengawal akuntabilitas keuangan-nya dan juga akuntabilitas pembangunan serta programnya benar-benar tepat, sesuai yang direncanakan dan diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari Sumber Daya Manusia dan organisasinya, pihaknya meyakini APIP dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan khususnya di Provinsi Banten.
 

Pewarta: Mulyana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024