Kita memperingati Bulan K3 yang dilakukan di Kota Cilegon. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap perusahaan dari berbagai jenis aktivitas kegiatan industrinya
Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memperkuat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di sektor usaha dan industri untuk membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja dan menjaga keberlangsungan usaha serta meningkatkan produktivitas
 
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan peringatan Bulan K3 menjadi momentum bersama antara pemerintah, pekerja, dan perusahaan, untuk terus menanamkan budaya K3 saat bekerja.
 
"Kita memperingati Bulan K3 yang dilakukan di Kota Cilegon. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap perusahaan dari berbagai jenis aktivitas kegiatan industrinya," kata Ali Muktabar.
 
Ali menyampaikan momentum itu sebagai bentuk introspeksi dan evaluasi yang selama ini telah berjalan guna perbaikan ke depannya. Pekerja dan perusahaan diimbau agar  bersama-sama menyadari dan mengimplementasikan standar operasional saat bekerja.

Baca juga: Menaker mencanangkan Bulan K3 Nasional 2024 di Smelter Freeport Gresik
 
"Kami juga mendorong pengawasan ketenagakerjaan untuk dapat dioptimalkan. Ini memerlukan kesadaran bersama," imbuhnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Septo Kalnadi menyampaikan Bulan K3 diperingati mulai 12 Januari hingga 12 Februari. Melalui peringatan itu diharapkan dapat meningkatkan budaya K3 dalam mengantisipasi kecelakaan akibat kerja maupun akibat penyakit di lingkungan kerja.
 
"Jadi keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan, salah satunya, untuk bagaimana meningkatkan produktivitas perusahaan, serta menghindari adanya fatality accident yang menyebabkan kecelakaan," ujarnya.
 
Septo juga mengimbau kepada para pekerja dan perusahaan untuk  lebih memperhatikan standar operasional pada saat bekerja serta meningkatkan budaya K3 di setiap perusahaan.
 
"Memang standar operasional bekerja di tiap perusahaan itulah yang menjadi pangkal. Apabila terlalu menganggap remeh dan tidak menjalankan standar operasional, itu selalu menjadi pangkal dari kecelakaan kerja di perusahaan," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Khofifah terus ajak Dudika Budayakan K3
Baca juga: Menaker luncurkan "Free TBC at Workplaces" di Bulan K3

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024