Pelaksanaan Bulan K3 ini tentunya tidak hanya bagi pekerja, namun juga mitra kerja yang sehari-harinya bekerja berdampingan...
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) meningkatkan kesadaran aspek health, safety, security, & environment (HSSE) para pekerja dengan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBB Deny Djukardi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan dengan mengusung tema Bulan K3 2024 yaitu "Budayakan HSSE pada Diri, Rekan Kerja, dan Keluarga untuk Menjaga Keberlanjutan Bisnis", pihaknya melangsungkan berbagai kegiatan di seluruh lokasi kerja.

Kegiatan tersebut antara lain fun walk escape route, management walktrough (MWT), sosialisasi process hazzard analysis (PHA) di lokasi kerja, upskilling tenaga alih daya (TAD), upskilling fleet safety management, training operator SPBU, emergency drill serentak, FGD lembaga penyalur dan transporter Pertamina, awarding HSSE RJBB, upskilling gas safety inspector, safety inspector dan ahli teknik, dan sertifikasi safetyman migas.

Deny, yang juga Pembina Bulan K3, mengatakan kegiatan tersebut untuk lebih meningkatkan kesadaran Perwira Pertamina JBB akan pentingnya menerapkan budaya HSSE yang tidak terlepas dari pekerjaan sehari-hari dalam mengelola barang mudah terbakar dan sewaktu-waktu dapat menghadapi kondisi darurat, sehingga keselamatan dalam bekerja dan keberlangsungan usaha dapat terjaga.

"Pelaksanaan Bulan K3 ini tentunya tidak hanya bagi pekerja, namun juga mitra kerja yang sehari-harinya bekerja berdampingan seperti menanamkan dan meningkatkan budaya HSSE kepada seluruh Perwira Pertamina, meningkatkan wawasan, keterampilan, kompetensi, dan keterlibatan pekerja terkait aspek HSSE, menekan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja dan meningkatkan produktivitas kerja dan menjaga keberlanjutan bisnis," jelas Ketua Pelaksana Bulan K3 2024 Regional JBB​​​​​​ Region Manager Rel & Project Development Novriantari.

Menurut dia, salah satu kegiatan yaitu MWT seluruh manajemen Regional JBB ke Fuel Terminal (FT) & Integrated Terminal (IT) di Banten, DKI Jakarta, serta Jawa Barat pada 29 Februari 2024 di Maritime Training Center (MTC) Plumpang dan ditutup pada 1 Maret 2024.

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional JBB Eko Kristiawan menjelaskan MWT merupakan bentuk perhatian tim manajemen mengingat pentingnya K3 terutama operasional, yang lokasinya berdampingan dan berdampak kepada masyarakat.

"Bulan K3 ini juga menjadi ajang edukasi sampai dengan mitra kerja untuk mengasah kesigapan seluruh personel agar dapat melakukan penanggulangan secara cepat dan tepat apabila terdapat kendala saat operasional berlangsung serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan untuk menjaga keberlanjutan bisnis," sebutnya.

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024