Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian besar karyawan, gaji bulanan seringkali menjadi sumber utama pendapatan. Namun, gaji yang diterima terkadang dirasa kurang memadai untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan.

Untuk memenuhi hal tersebut, banyak karyawan mencari cara untuk mendapatkan tambahan cuan di luar gaji utama mereka. Salah satunya dengan mencoba usaha sampingan atau side hustle yang bisa dilakukan di luar jam kerja. Apa saja?

1. Menjadi freelancer di platform online

Platform online seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr menawarkan kesempatan bagi siapa saja untuk menawarkan jasa mereka secara lepas.

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu seperti desain grafis, penulisan konten, penerjemahan, atau pengembangan web, kamu dapat memanfaatkan platform-platform tersebut untuk menawarkan jasa apa yang bisa kamu tawarkan kepada klien-klien potensial tidak hanya nasional tapi sampai internasional.

Baca juga: Dorong Masyarakat Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, BRI Gelar Presisi Preneur Expo

2. Menjadi pengajar dan tenaga ahli

Jika kamu memiliki pengetahuan atau keahlian khusus di bidang tertentu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjadi tenaga pengajar atau pelatih. Kamu bisa memberikan kursus online, workshop, atau sesi pelatihan pribadi sesuai dengan minat dan keahlianmu.

Platform seperti Udemy, Skillshare, atau Coursera menyediakan infrastruktur yang memudahkan untuk menjual kursus atau pelatihanmu.

3. Menjalankan bisnis afiliasi

Bisnis ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi kalian karyawan yang ingin menjalankan bisnis sambil tetap bekerja penuh waktu. Bisnis ini merupakan model pemasaran yang memberikan kesempatan kepada pihak luar untuk mempromosikan jasa atau produk suatu perusahaan.

Bisnis ini tidak membutuhkan tempat untuk memasarkan produk, kamu hanya perlu melakukan pemasaran melalui internet. Kemudian bisnis ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat dan memproduksi produk.

4. Usaha jasa penyewaan

Kamu dapat membuka jasa sewa baik kamera, kendaraan maupun peralatan olahraga dan camping. Usaha ini merupakan salah satu usaha dengan minim modal namun membutuhkan monitoring dan maintenance terhadap alat yang kamu gunakan secara berkala.

Baca juga: Kupas tuntas raih peluang bisnis laundry dengan kredit BRIguna

5. Mengelola bisnis franchise

Bisnis franchise merupakan model bisnis dimana pemilik merek atau pemilik usaha (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain (franchisee) untuk menggunakan merek, sistem operasional dan dukungan bisnis seperti promosi maupun diskon.

Model bisnis ini dapat menjadi pilihan yang cocok bagi beberapa karyawan. Karena bisnis franchise memiliki fleksibilitas waktu dan kamu tidak perlu membangun branding usaha dari awal. Kamu hanya perlu memonitoring dan memanage dengan konsisten terkait hal tersebut.

Ingin mencobanya?

Sebelum mencoba, perlu diingat, beberapa jenis usaha sampingan ada yang membutuhkan modal awal, baik untuk membeli barang atau perangkat tambahan. Namun tak perlu khawatir, BRI hadir dengan salah satu solusi pembiayaan Kredit BRIguna.

BRI memberikan fasilitas pinjaman yang dapat dimanfaatkan terutama bagi kamu karyawan tetap yang memiliki rekening payroll. Pengajuan Kredit BRIguna pun cepat dan mudah, kamu hanya perlu melakukan pengajuan melalui BRIguna di BRImo. Prosesnya mudah dan proses pencairannya cepat hanya butuh waktu 15 menit.

Satu yang menjadikan Kredit BRIguna semakin spesial adalah suku bunganya yang kompetitif dan limit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu serta bisnis atau usaha yang sedang kamu jalani atau rencanakan.

Jadi tunggu apalagi, segera download BRImo-mu di Appstore atau Playstore dan ajukan Kredit BRiguna-mu sekarang.

Baca juga: Berkarya di masa senja bersama kredit Briguna Purna

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024