Jakarta (ANTARA) - Pensiun bukan berarti waktunya untuk berhenti berkarya, melainkan waktu tersebut bisa menjadi panggung baru untuk memulai bisnis yang bisa jadi lama dinanti-nantikan.

Masa pensiun adalah waktu yang tepat untuk menekuni wirausaha dan mengejar mimpi-mimpi yang mungkin tertunda karena pekerjaan yang seringkali menyibukkan diri sehingga ide-ide cemerlang untuk berwirausaha seringkali terhambat dan berujung terbengkalai.

Biasanya usaha yang dimulai bisa dari ide maupun hobi. Di usia yang semakin matang tentunya kita tidak boleh hanya melihat hobi semata-mata hanya kegemaran saja. Karena dari hobi yang kamu miliki seringkali dapat menjadi potensi cuan terutama di masa-masa pensiun ini.

Selain itu membangun bisnis di masa pensiun dapat menjadi cara luar biasa untuk menciptakan warisan keluarga. Bisnis yang berhasil dapat menjadi aset yang berharga, memberikan kontribusi pada keberlanjutan keuangan keluarga, dan memberikan inspirasi bagi generasi yang akan datang.

Baca juga: Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI: Tahun 2024 Prospek Masih Bagus, UMKM Tetap Ekspansif

Baca juga: Makin Keren dengan Tampilan Baru, Transaksi Pakai BRImo Makin Seru


Namun, tentu saja, sebelum terjun ke dunia kewirausahaan di masa pensiun, ada sejumlah aspek finansial yang sebaiknya dipertimbangkan demi memastikan kelancaran dan keberlanjutan usaha para pensiunan ini.

Langkah pertama sebelum memulai bisnis di masa pensiun kamu perlu mengevaluasi perencanaan keuangan pensiun.

Pastikan dana pensiun dan investasi sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokok dan memberikan perlindungan finansial yang cukup selama beberapa tahun pertama berjalan supaya tekanan keuangan selama tahap awal bisnis tidak terlalu besar.

Jangan lupa juga bahwa merancang rencana bisnis yang realistis sangat penting. Tetapkan target keuangan yang rasional dan sertakan estimasi biaya awal, pemasukan yang diharapkan, serta proyeksi keuangan jangka panjang. Dengan demikian, kamu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang proses bisnis dalam beberapa tahun ke depan.

Berikutnya, pertimbangkan dengan cermat opsi pendanaan bisnis.

Memahami sumber pendanaan yang tepat akan membantu kamu dalam mengelola risiko keuangan dan memastikan keberlanjutan modal. Jika kamu memilih untuk mendanai bisnis melalui pinjaman, kelola utang dengan bijak. Pahami persyaratan pembayaran, tingkat bunga, dan dampak utang terhadap aliran kas bisnis.

Pada poin ini, kamu perlu mengetahui tentang Kredit Briguna Purna yang merupakan fasilitas kredit/pinjaman yang dapat menjadi solusi permodalan bisnis yang akan kamu jalani. BRI hadir dengan Kredit BRIguna Purna yang dapat dinikmati terutama oleh pensiunan Taspen, Asabri, dan BUMN yang memiliki sumber pembayaran berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income uang pensiun di BRI.

Program ini menawarkan pinjaman dengan proses yang mudah dan cepat, memberikan dukungan finansial bagi para pensiunan yang ingin memulai atau mengembangkan usaha mereka.

Pengajuan Kredit BRIguna Purna dapat dilakukan langsung melalui Kantor Cabang BRI sekitar. Kamu hanya perlu membawa dan melengkapi beberapa dokumen persyaratan kemudian Relationship Manager BRI akan membantu pengajuan Kredit BRIguna kamu melalui aplikasi BRISPOT.

Limit kredit yang diberikan menyesuaikan dengan kemampuan debitur. Jangka waktu kredit pun cukup lama, yakni hingga 15 tahun atau menyesuaikan usia debitur saat jatuh tempo kredit maksimal 75 tahun.

Baca juga: Punya Likuiditas & Permodalan Memadai, BRI Optimis Tumbuh Lebih Baik Di Tahun 2024

Baca juga: BRI Danareksa Sekuritas bidik dana kelolaan capai Rp300 miliar di 2024


Kabar baiknya BRI menawarkan berbagai suku bunga spesial yang dapat dinikmati sampai dengan 31 Maret 2024, mulai dari suku bunga 11,5 persen dengan jangka waktu sampai dengan 5 tahun. Suku bunga 12 persen dengan jangka waktu sampai dengan 10 tahun. Hingga 12,5 persen dengan jangka waktu sampai dengan 15 tahun.

Secara keseluruhan, membangun bisnis saat pensiun adalah kesempatan untuk menjalani petualangan baru, memberikan kontribusi pada masyarakat, dan mengubah masa pensiun menjadi babak hidup yang produktif dan bermakna.

Untuk kamu yang memiliki keinginan untuk menikmati masa pensiun dengan memulai bisnis, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan Kredit BRIguna Purna sebagai solusi permodalan. Untuk permodalan merintis bisnismu dengan #CepatMudah!
 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024