Jakarta (ANTARA) - Divisi Hubungan Masyarakat Polri menggelar pelatihan kompetensi mengenai e-Learning Humas Polri Presisi bagi personel kepolisian yang bertugas di jajaran fungsi kehumasan.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Sandi Nugroho di Jakarta, Kamis, mengatakan pelatihan ini penting untuk meningkatkan kemampuan jajaran kehumasan di tengah tantangan informasi yang terus berkembang.

"Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel dapat memiliki kemampuan kehumasan yang semakin matang dan terus dikembangkan," ujar Sandi.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan e-Learning menyediakan fitur yang memberikan akses anggota Divisi Humas Polri ke berbagai materi pembelajaran serta dapat mengikuti kompetensi agar dapat mengikuti ujian dan ruang belajar di dalam kompetensi tersebut.

Baca juga: Polri ingatkan masyarakat tidak jadi penyebar hoaks

Dalam pelatihan tersebut, juga dijelaskan mengenai Portal Humas Presisi yang dimiliki Divisi Humas Polri. Portal itu adalah sebuah platform digital yang menjadi rumah besar untuk mengintegrasikan seluruh aplikasi, media daring maupun media sosial kehumasan Polri.

Selain itu, kata Sandi, Portal Humas Presisi menjadi media digital pelaksanaan kegiatan operasional maupun pembinaan fungsional kehumasan.

"Sehingga dapat menjadi rujukan informasi bagi masyarakat, media maupun personel Polri yang aktual dan tepercaya," kata Sandi.

Baca juga: Polri dan KBA News usut pembuat hoaks ketidaknetralan Kapolri

Pelatihan ini diikuti sebanyak 36 orang peserta yang berasal dari kehumasan Polri, mulai dari tingkat bintara hingga perwira menengah.

"Humas adalah wajah dari kepolisian, tempat segala tugas-tugas yang diemban dapat diketahui masyarakat melalui fungsi kehumasan," ujar Sandi kepada jajaran.

Sandi juga mengingatkan setiap personel kehumasan harus sigap dan terus mengasah kemampuan di tengah tantangan global dan kemajuan teknologi saat ini.

Lulusan terbaik Akpol angkatan 1995 itu menambahkan peningkatan kompetensi anggota Humas Polri menjadi salah satu hal yang juga ditekankan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Dalam 16 program prioritas Kapolri, ditekankan mengenai kemampuan komunikasi publik bagi anggota Polri.

"Hal ini juga menjadi salah satu upaya mewujudkan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 sebagaimana program prioritas Kapolri," kata Sandi.

Baca juga: Puspen TNI-DivHumas Polri perkuat sinergitas amankan Pemilu 2024

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024