Jakarta (ANTARA) - Divisi Humas Polri melakukan patroli udara memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, menuju Bakauheni, Lampung, pada empat hari sebelum (H-4) Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah, Sabtu, yang terpantau ramai dan lancar.

"Arus mudik terpantau ramai lancar, ada perlambatan saat keluar tol KM 90, namun sudah ada kegiatan petugas di sana," kata Kasubsatgas Penmas Divisi Humas Polri Kombes Polisi Harry Goldenhardt dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu

Menurut Harry, petugas kepolisian yang berada di lokasi membantu mengurai kepadatan dengan mengarahkan kendaraan masuk ke kantong-kantong parkir yang menjadi area buffer zone (zona penyangga).

"Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan beberapa titik yang menjadi area buffer zone dan delaying system di pelabuhan,” katanya.

Baca juga: Rombongan anggota DPR cek kesiapan Pelabuhan Merak pada Jumat

Kemudian mengenai rekayasa lalu lintas, lanjut dia, dilakukan untuk mengarahkan kendaraan memasuki area yang menjadi buffer zone.

"Untuk di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, arus kendaraan cukup lancar, termasuk arus kendaraan roda dua di Pelabuhan Bakauheni yang keluar dari kapal cukup lancar," ujarnya menerangkan.

Mengingat puncak arus mudik diprediksi terjadi hari ini, Harry kembali mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik untuk merencanakan jadwal mudiknya lebih awal.

Baca juga: Pelindo dukung layanan mudik lebaran 2024 di Merak dan Ciwandan

"Imbauan dari Bapak Kapolri dimohon kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk merencanakan jadwal mudiknya lebih awal, persiapan kondisi fisik pengemudi dan juga rawat kendaraan itu sendiri," kata Harry.

Selain itu, pemudik juga diingatkan untuk meningkatkan keamanan, mematuhi arahan petugas sehingga proses mudik dapat berjalan secara aman dan nyaman.

"Pantauan cuaca hari ini cukup cerah dan kami bisa melihat dari dekat bagaimana arus lalu lintas di wilayah ruas Tol Jakarta Barat," kata Harry.

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi H-4 Lebaran
Baca juga: Ratusan CCTV dipasang di Pelabuhan Merak guna pantau arus mudik


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024