tahun ini, seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak ini sudah bisa disandari semua kapal-kapal besar
Cilegon (ANTARA) - Sebanyak 146 CCTV dipasang di Pelabuhan Merak, Banten, untuk mengawasi arus mudik serta mengantisipasi adanya aksi kejahatan saat arus mudik lebaran 2024 di sekitar Pelabuhan.
 
"Pemasangan CCTV di beberapa titik ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak, Suharto, di Cilegon, Banten, Kamis.
 
Pihaknya memastikan semua area di Pelabuhan Merak telah terpasang CCTV, terutama pada area-area umum di sekitar Pelabuhan.
 
"Totalnya ada 146 CCTV yang terpasang, dengan adanya pemasangan CCTV ini kita juga jadi lebih mudah dalam melakukan pengawasan," katanya.
 
Selain itu, untuk kesiapan ASDP saat ini di Pelabuhan Merak telah mengoperasikan sebanyak tujuh dermaga. Satu dermaga untuk kapal ekspres dan enam dermaga lainnya untuk dermaga reguler.

Baca juga: ASDP Merak cegah kemacetan arus mudik 2024 dengan pengaturan pelabuhan
Baca juga: ASDP Merak operasikan tiga pelabuhan layani pemudik 2024
 
Ia menjelaskan, saat ini seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak sudah bisa disandari oleh semua kapal-kapal besar, karena sudah ada peningkatan pada kapasitas dermaga yaitu di dermaga 2.
 
"Pada tahun ini ada peningkatan kapasitas dermaga yakni di dermaga 2, yang tahun lalu hanya bisa disandari kapal-kapal di bawah 10.000 tapi pada tahun ini bisa disandari kapal di atas 10 ribu. Artinya tahun ini, seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak ini sudah bisa disandari semua kapal-kapal besar," katanya.
 
Sementara untuk antisipasi adanya lonjakan jumlah pemudik, saat puncak arus mudik Lebaran nanti. Pihaknya mengaku sudah mempersiapkannya sejak jauh hari dengan adanya pembagian lokasi penyeberangan diantaranya di Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Merak.
 
"Kalau antisipasi lonjakan pemudik, kita sudah lakukan antisipasi dari jauh hari dengan adanya pembagian di tiga tempat diantaranya di Ciwandan, BBJ Bojonegara, dan Merak," katanya.

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai dipadati pemudik
Baca juga: ASDP minta pemudik arah Gilimanuk tidak beli tiket di pinggir jalan
Baca juga: ASDP-Pemkab Bangka Barat tingkatkan pelayanan buat pemudik

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024