Iya pilih mudik lebih awal ini untuk menghindari kemacetan, biasanya kan kalau sudah mulai mendekati hari Lebaran macet parah
Lampung Selatan (ANTARA) - Aktivitas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada H-6 Lebaran 2024 atau Kamis (4/4) mulai dipadati pemudik berkendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Berdasarkan pantauan pada Kamis siang terdapat ratusan kendaraan roda empat yang memadati Dermaga Eksekutif dan Reguler Pelabuhan Bakauheni. Kemudian ratusan pemudik kendaraan roda empat tersebut memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean masuk naik ke geladak kapal.

Kendaraan roda empat di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 12.00 WIB sampai 14.00 WIB menunjukkan kondisi yang ramai lancar, didominasi dengan plat Sumatera. Namun terlihat juga beberapa plat daerah Jawa seperti B, A, dan D.

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler, namun tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan berjalan lancar.

Baca juga: Pemudik asal Pulau Jawa terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni

Salah satu pemudik dari Lampung Selatan menuju ke Bekasi (Jawa Barat), Firman, mengatakan  memilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan di pelabuhan.

"Iya pilih mudik lebih awal ini untuk menghindari kemacetan, biasanya kan kalau sudah mulai mendekati hari Lebaran macet parah," ucapnya. 

Ia mengatakan perjalanan mudik kali ini sangat menyenangkan, dimana proses perjalanan dari rumah menuju pelabuhan tidak ada hambatan.

"Perjalanannya cukup lumayan, akses jalan sudah tidak ada yang berlubang, penjagaan petugas polisi juga sudah banyak, mengatur lalulintas," katanya.

Selanjutnya General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Lampung Selatan, mengatakan pihaknya memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani mobilisasi penumpang pada periode angkutan Lebaran 2024.

Baca juga: ASDP prediksi puncak arus mudik Pelabuhan Merak pada 6 April

Penambahan kapal, lanjutnya, dilakukan agar tidak terjadinya penumpukan pada saat puncak arus mudik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Pihaknya pun telah menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik Lebaran tahun ini.

"Untuk dermaga sudah kita siapkan tujuh dermaga, dimana lima dermaga reguler dan dua eksekutif, serta fasilitas penunjang kenyamanan di area pelabuhan," katanya.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri sejak 11 Desember 2023.

Baca juga: Polisi perketat pengamanan di Pelabuhan Bakauheni jelang Mudik 2024

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024