Program tersebut sebagai upaya untuk memperbaiki kerusakan terumbu karang agar dapat tumbuh lagi seperti semula
Mamuju (ANTARA) - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) TNI-AD menanam sebanyak 1.000 pohon kelapa di wilayah Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Komandan Korem 142 Taroada Tarogau (Tatag) Brigjen TNI Deni Rejeki di Mamuju, Kamis, mengatakan Program TMMD di Mamuju dilaksanakan dengan menanam sebanyak 1.000 pohon kelapa di Pulau Karampuang, yang terletak satu kilometer di perairan Mamuju.

Selain akan menambah keindahan alam Pulau Karampuang yang menjadi lokasi wisata di Mamuju, kata dia, penanaman pohon kelapa itu juga bermanfaat bagi masyarakat. 

Dalam program tersebut, pihaknya juga melakukan transplantasi sebanyak 1.000 anak terumbu karang di wilayah laut Pulau Karampuang seiring kerusakan yang terjadi pada terumbu karang di perairan pulau tersebut.

"Program tersebut sebagai upaya untuk memperbaiki kerusakan terumbu karang agar dapat tumbuh lagi seperti semula," katanya.

Baca juga: KASAD tanam 64.500 bibit mangrove di Aceh

Ia mengatakan Pulau Karampuang merupakan salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Mamuju, sehingga keindahan laut dan terumbu karangnya harus terus dijaga dan dilestarikan.

Program fisik lainnya yang dilaksanakan dalam rangka Program TMMD adalah  pembangunan jalan sepanjang 1.680 meter dengan lebar lima meter serta peningkatan jalan dengan pemasangan paving blok sepanjang 134 meter dengan lebar tiga meter di wilayah Pulau Karampuang.

Selain itu, kata dia, juga dilaksanakan rehab rumah ibadah serta pembersihan sampah plastik di tepi pantai Pulau Karampuang. 

Sedangkan program non-fisik, lanjutnya, dilakukan penyuluhan hukum, penyuluhan tanggap bencana, sampai penyuluhan masalah stunting kepada masyarakat.

Deni Rejeki berharap program TNI-AD tersebut dapat bermanfaat dan berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Mamuju.

Baca juga: TNI tanam 3.000 bibit mangrove di Pantai Amahami Bima
Baca juga: Polisi dan TNI di Lampung tanam 1.000 pohon guna lestarikan lingkungan

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024