Depok (ANTARA) - Universitas Pancasila (UP) menjalin kerja sama dengan Enverga University Filipina untuk mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam pencapaian SDG 4-Quality Education dan SDG 17-Partnership for the Goals.

Rektor UP Edie Toet Hendratno yang menandatangani nota kesepahaman pihaknya dengan Enverga University Filipina tersebut di Jakarta, Jumat, menyatakan Indonesia dan Filipina bagaikan dua sahabat lama dengan relasi erat sehingga kerja sama itu sebagai tepat untuk meneguhkan hubungan keduanya, khususnya bidang pendidikan dan seni budaya.

United Nation (UN) Agenda for Sustainable Development Goals (SDGs), katanya, telah menjadi arus utama global untuk diimplementasikan oleh pemerintah maupun institusi dan masyarakat, termasuk perguruan tinggi.

Upaya tersebut diwujudkan dengan menjalin kerja sama strategis antara Universitas Pancasila dan Manuel S. Enverga University Foundation, Filipina (Enverga University). Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman di Universitas Pancasila Jakarta.

Baca juga: UI jalin 595 kerja sama dengan 370 perguruan tinggi di dunia

Vice Presidentfor Partnership and Global Engagement Enverga University Celso D Jaballa mengemukakan kedua universitas memiliki banyak kesamaan di berbagai bidang, sehingga kondusif bagi kerja sama strategis yang selaras dengan agenda SDGs.

Penandatangan nota kesepahaman diikuti dengan penandatangan memorandum of agreement (MOA) antara Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila dan College of International Hospitality and Tourism Management (CIHTM) Enverga University.

Implementasi kerja sama juga langsung diwujudkan dalam kegiatan kuliah umum bertemakan "Phillipines Tourism Outlook" yang disampaikan oleh visiting lecture Dr. Jennifer Reyes dari CIHTM Enverga University. Kuliah umum dihadiri 150 mahasiswa Universitas Pancasila.

Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan kerja sama itu, antara lain wakil rektor bidang kerja sama dan para pimpinan fakultas di lingkungan UP, delegasi Enverga University, dekan CIHTM, dan dekan College of Business & Accountancy.

Baca juga: Schneider Electric dan 15 politeknik kerja sama kembangkan SDM energi
Baca juga: Unand fokus jalin kolaborasi dengan perguruan tinggi di Asia Tenggara

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024