Peningkatan kinerja CGAS pada tahun ini juga melibatkan beberapa proyek CNG Station yang ada di Grobogan, Jawa Tengah dan Manyar, Jawa Timur serta Majalengka, Jawa Barat
Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan perdagangan dan distribusi gas alam PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) menargetkan pendapatan tumbuh 76,4 persen year on year (yoy) menjadi Rp658 miliar pada 2024, dengan laba bersih diproyeksikan tumbuh 200,8 persen (yoy) menjadi Rp36,7 miliar.

Direktur Utama CGAS Andika Purwonugroho memperkirakan volume penjualan akan mencapai 82.000.711 standar meter kubik (Sm3) pada 2024, atau meningkat 81,3 persen (yoy) dibandingkan pada 2023 yang sebesar 45.235.193 Sm3.

“Peningkatan kinerja CGAS pada tahun ini juga melibatkan beberapa proyek CNG Station yang ada di Grobogan, Jawa Tengah dan Manyar, Jawa Timur serta Majalengka, Jawa Barat,” ujar Andika dalam Konferensi Pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat.

CGAS akan bekerja sama dengan PT GT Ladang Teknik dan Jianyang Greenfir New Energy Equipment Co Ltd (GreenFir) untuk membangun LNG Station berkapasitas 1,5 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD), dengan nilai investasi Rp161,5 miliar.

Pada kuartal I-2024, Andika menyebut perseroan akan memulai groundbreaking pembangunan Liquefied Natural Gas (LNG) Station di Galian Field Tambun Zone 7 Regional 2 di Pakis, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Nilai investasi untuk pembangunan LNG Station berkapasitas 1,5 MMSCFD ini mencapai Rp161,5 miliar," ujar Andika.

Setelah beroperasinya LNG Station, Ia meyakini nilai penjualan perseroan bisa mencapai 8,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp135 miliar per tahun.

Lebih lanjut, pihaknya optimistis perbaikan kinerja perseroan akan mampu memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham dalam bentuk dividen.
 
"Pada 2023, kami memperkirakan akan mencatatkan pertumbuhan profit menjadi Rp12,2 miliar, sehingga kami berencana untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar 30 persen dari laba bersih," ujar Andika.

Andika menjelaskan, perkiraan atas capaian laba bersih CGAS pada 2023 akan ditopang oleh pendapatan yang diperkirakan mencapai Rp 373 miliar, dengan perkiraan volume penjualan sebanyak 45 juta Sm3.

Baca juga: Citra Nusantara Gemilang akan bangun dua depo gas setelah IPO

Baca juga: CGAS targetkan pendapatan naik 30 persen pasca IPO

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024