Pemerintah perlu hadir dalam menetapkan harga jual gas bumi di masing-masing wilayah. Kita dorong untuk substitusi pemanfaatan energi ke gas bumi,
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus mendorong peningkatan pemanfaatan gas bumi sebagai transisi menuju energi bersih, termasuk pemanfaatan gas terkompresi (compressed natural gas/CNG) untuk industri dan transportasi.

Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menyampaikan pemerintah terbuka menerima masukan dari pemangku kepentingan untuk mendukung program transisi energi.

Masukan itu diperlukan untuk mempersiapkan model yang dapat mengakomodasi seluruh pihak dalam pemanfaatan gas bumi terutama CNG.

"Pemerintah perlu hadir dalam menetapkan harga jual gas bumi di masing-masing wilayah. Kita dorong untuk substitusi pemanfaatan energi ke gas bumi," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Implementasi Pemanfaatan Gas Bumi CNG untuk Sektor Industri dan Transportasi yang tertuang dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) di Gedung Dewan Energi Nasional (DEN), Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Untuk itu menurutnya, diperlukan peta jalan pengembangan transportasi gas di Indonesia guna menjamin pasokan energi.

Baca juga: BPH Migas segera revisi aturan subpenyalur BBM subsidi dan kompensasi

Sekretaris BPH Migas yang juga selaku Pelaksana Harian Direktur Gas Bumi BPH Migas Patuan Alfon S menambahkan guna meningkatkan pemanfaatan gas bumi, sisi supply, dan demand perlu diselaraskan.

"Pemetaan kawasan antara pengguna gas bumi harus disesuaikan dengan sumber gas yang ada," ucapnya.
Rapat Koordinasi Pengawasan Implementasi Pemanfaatan Gas Bumi CNG untuk Sektor Industri dan Transportasi yang tertuang dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) di Gedung Dewan Energi Nasional (DEN), Jakarta, Selasa (27/2/2024). ANTARA/HO-BPH Migas

Sementara itu, Anggota DEN Eri Purnomohadi menyampaikan rapat bertujuan untuk memperoleh data dan informasi pelaksanaan kebijakan upaya optimalisasi bahan bakar gas untuk transportasi dan industri.

Baca juga: Manfaatkan TI, BPH Migas permudah pemda terbitkan surat rekomendasi

Untuk mendorong pemanfaatan gas bumi, ia mengusulkan agar penetrasi CNG pada daerah yang tidak ada pipa gas untuk terus ditingkatkan.

"Dengan pengaturan ini, diharapkan berdampak pada perluasan pembangunan infrastruktur CNG yang menghubungkan sumber pasokan gas dengan end-user atau konsumen pengguna," ujarnya.

Baca juga: BPH Migas dan Pemprov Kepri sosialisasikan optimalisasi penggunaan BBM

DEN mendorong pembentukan Tim Percepatan Pemanfaatan Gas Bumi yang beranggotakan Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perhubungan, serta para pemangku kepentingan terkait untuk menyusun program kerja quick win dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi terutama CNG.

Dalam rapat koordinasi tersebut, turut hadir Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi, perwakilan kementerian/lembaga terkait, badan usaha, dan pelaku usaha bidang gas bumi.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024