Jakarta (ANTARA) - PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (Kode saham: CGAS), emiten pionir distibusi Compressed Natural Gas (CNG) meraup laba bersih sebesar Rp8,5 miliar sepanjang tahun 2023.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, CGAS membukukan pendapatan usaha sebesar Rp377 miliar sepanjang 2023.

“Pencapaian kami selama tahun 2023, menjadi awal yang baik bagi kami sebagai emiten baru di pasar modal. Perseroan akan terus berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kinerja Perseroan kedepannya,” kata Direktur Utama CGAS Andika Purwonugroho dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Andika juga menyampaikan target pertumbuhan pendapatan usaha sekitar 30 – 35 persen menjadi sebesar Rp500 miliar untuk tahun 2024.

“Perseroan optimis dapat meningkatkan kinerja Perseroan di tahun ini, pengembangan area distribusi di wilayah Jawa didorong oleh meningkatnya permintaan terhadap produk CNG, sebagai substitusi dari LPG dan BBM, khususnya dari sektor ritel,” ujar Andika.

Dia menambahkan bahwa selama kurun waktu satu tahun terakhir, terjadi peningkatan signifikan dalam permintaan akan CNG di sektor ritel, yang dipicu oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan manfaat penggunaan CNG yang lebih menguntungkan daripada LPG dan BBM.

Peningkatan yang sama juga terjadi di sektor industri. Menurutnya, hal ini didukung oleh kesuksesan perseroan dalam memperoleh beberapa kontrak baru dengan pelanggan-pelanggan industry baru pada akhir tahun 2023.

Perseroan memproyeksikan bahwa permintaan terhadap Compressed Natural Gas (CNG) akan terus meningkat, yang didorong dari inisiatif pemerintah untuk terus mengurangi penggunaan LPG.

Upaya pemerintah untuk memangkas subsidi LPG ini telah mendorong konsumen untuk mulai beralih ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan, seperti CNG, yang juga menawarkan harga yang kompetitif.

Sebagai penutup, Andika juga menyebutkan bahwa pencapaian di tahun 2023 tidak membuat perseroan berpuas diri.

“Kinerja perseroan selama tahun 2023 memotivasi kami untuk selalu meningkatkan performa kami. Untuk tahun 2024, perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi perseroan dengan membuka beberapa stasiun CNG baru lagi,” tuturnya.

Untuk 2024, CGAS ini kami menargetkan laba bersih sebesar Rp20 miliar yang didorong dengan peningkatan permintaan.

Baca juga: CGAS bidik pendapatan tumbuh 76,4 persen jadi Rp658 miliar di 2024

Baca juga: CGAS targetkan pendapatan naik 30 persen pasca IPO

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024