Pada Rakor tersebut kami mulai memetakan potensi sumber pendapatan daerah di kabupaten/kota se Provinsi Papua
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mulai mengidentifikasi potensi sumber pendapatan daerah di sembilan kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.
 
 
Pelaksana Tugas ( Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Suzana Wangai di Jayapura, Jumat, mengatakan sejak terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB), kini harus mencari potensi sumber pendapatan baru.

Untuk itu pihaknya menggelar rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Papua.
 
 
“Pada Rakor tersebut kami mulai memetakan potensi sumber pendapatan daerah di kabupaten/kota se Provinsi Papua,” katanya.
 
Menurut Suzana, dengan pemetaan yang komprehensif, diharapkan dapat dikembangkan strategi pengelolaan yang tepat guna meningkatkan pendapatan daerah.
 
“Untuk itu sebagai langkah awal kami akan membentuk tim yang akan mengidentifikasi potensi dan kendala,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan misalnya masalah transportasi, regulasi, dan akses jalan, maka akan dibahas kembali serta dicarikan solusi seperti apa agar potensi daerah di Sembilan kabupaten kota dapat berkembang.
 
“Papua kini memiliki sembilan kabupaten/kota yang mana sebagian besar daerah itu berada di wilayah pesisir, untuk itu sangat penting dilakukan perkembangan,” katanya.
 
Dia menambahkan karena itu sumber PAD yang potensial untuk dikembangkan sehingga diharapkan juga adanya kolaborasi bersama Pemerintah Daerah (Pemda) di Sembilan Kabupaten Kota dalam peningkatan sumber pendapatan baru itu.

Baca juga: Penerimaan PAD Papua 2023 melampaui target Rp1,37 triliun

Baca juga: Pemprov Papua harap PAD Award tingkatkan pendapatan daerah

Baca juga: Pemprov Papua minta OPD manfaatkan objek PAD

Baca juga: Bappenda Papua mendorong kolaborasi bersama OPD tingkatkan PAD

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024