London (ANTARA News) - Walikota London, Boris Johnson, mendukung penuh penyelenggaraan festival makanan halal (Halal Food Festival) yang tengah berlangsung di gedung Excel London, ibukota Inggris Raya, selama tiga hari dari tanggal 27 hingga 29 September.

Boris sangat senang bisa mendukung festival makanan halal sehingga diharapkan masyarakat muslim akan mudah mendapatkan makanan halal dari produsen makanan halal di kota London dan juga kota lainnya di Inggris. Festival Makanan Halal ini baru pertama kali diadakan, ujar panitia penyelenggara Halal Food Festival 2013, Imran Kausar dalam keterangannya yang diterima ANTARA London, Sabtu.

Menurut Boris, industri makanan halal berdampak pada perkembangan ekonomi Inggris, dengan berkembangnya masyarakat Muslim Inggris pada saat ini yang berjumlah 2,7 juta menurut sensus 2011.

Hal ini membuat akses untuk mendapatkan makanan halal di Inggris menjadi sangat penting apalagi jumlah masyarakat Muslim Inggris diperkirakan mencapai 5,5 juta pada 2030.

Sementara itu Imran Kausar mengatakan penduduk Muslim kelas menengah di Inggris terus tumbuh sehingga kebutuhan makanan halal semakin besar pula.

"Saya sangat terkesan dan bangga dengan digelarnya festival makanan halal di London," ujar seorang pengunjung Nizma Agustjik kepada ANTARA London saat menyaksikan pameran di gedung Excel.

Suhana, ibu rumah tangga asal Pakistan yang sudah lama menetap di daerah baratdaya London mengakui dulu sangat sulit mencari makanan halal terutama daging dan ayam tapi kini di supermarket seperti Tesco, Asda dan Morrison banyak tersedia bahkan banyak juga dijual di pasar tradisional di London dan di warung warung lokal.

Atase Perdagangan KBRI London Merry Maryati mengakui Indonesia harusnya dapat berperan dalam mempromosikan kuliner di mancanegara khususnya di Inggris, apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Diharapkannya dimasa datang Indonesia juga bisa berperan dalam acara serupa, karena kebutuhan akan makanan halal terus meningkat.

Festival makanan halal yang diusung oleh sekelompok pengusaha muslim di Inggris juga diisi demo memasak oleh Chef terkemuka Inggris seperti Rachael Allen dan Jean-Christope Novelli dan pengunjung juga bisa menikmati hasil masakan mereka.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013