Jakarta (ANTARA) - Ratusan massa gabungan dari aliansi mahasiswa Jabodetabek, Pemuda Indonesia Center (PIC) dan Blok Pelajar Politik Merdeka menggelar aksi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Ketua Blok Pelajar Politik Merdeka, Abdul Fakih mengatakan, mereka turun ke jalan untuk mendukung KPU RI dan Bawaslu agar bisa menyelesaikan tugasnya dalam merekapitulasi suara Pemilu 2024.

"Kami dari aliansi pelajar dan mahasiswa se-Jabodetabek ingin menyemangati KPU untuk selalu optimal dan menyelesaikan pemilu ini secara profesional," kata Fakih. 

Para pelajar berharap, agar KPU dapat bekerja lebih semangat lagi dalam menjalankan tugasnya.

Mereka tetap mendukung suksesnya Pemilu 2024.

Kendati demikian, mereka sempat mendapatkan intimidasi dari massa lainnya. Mereka dilempari dengan botol dan diprovokasi.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat telah mengerahkan 967 personel gabungan dari TNI dan Polda Metro Jaya untuk melakukan pengamanan aksi unjuk rasa itu. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan dan humanis.

Kombes Susatyo pun mengimbau kepada para peserta aksi unjuk rasa untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

Baca juga: 1.728 personel dikerahkan untuk amankan demo di depan KPU dan Bawaslu
Baca juga: Polisi kerahkan 1.978 personel amankan demo di Patung Kuda hingga KPU
Baca juga: Hoaks! KPU menganulir keputusan peserta Pemilu 2024


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024