Banjarmasin (ANTARA) -
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Hj Siti Wasilah menyampaikan bahwa dana hasil lelang barang pada Dekra Show disumbangkan untuk penderita kanker.
 
"Dekra Show yang sekalian melelang pakaian motif Sasirangan yang ditampilkan pada fashion show di Lobi Balai Kota Banjarmasin mengumpulkan dana sekitar Rp42 juta," katanya di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Dinsos Mukomuko galang dana untuk penderita kanker payudara
 
Menurut dia, uang hasil lelang pakaian motif Sasirangan itu akan digunakan untuk membantu para penderita kanker yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel).
 
"Dekra Show digelar bertepatan dengan momentum peringatan World Cancer Day (WCD) 2024, yang dihadiri Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat Prof DR dr Aru Wisaksono Sudoyo," katanya.
 
Wasilah yang juga Ketua YKI Kota Banjarmasin tersebut mengatakan, uang hasil lelang akan diserahkan dalam bentuk bingkisan kepada para penderita kanker, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: DPRD Gorontalo galang dana kemanusiaan untuk anak penderita kanker
 
"Kita akan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Ulin Banjarmasin untuk membagikan bingkisan kepada para penderita kanker, yang sedang dirawat di ruang kanker anak maupun dewasa," ujar dia.
 
Ia mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan sosial, namun juga untuk memajukan kerajinan kain Sasirangan hingga ke tingkat nasional.

Baca juga: Zumbathon galang dana untuk anak penderita kanker
 
Peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) tahun 2024 di Kota Banjarmasin akan diisi dengan sejumlah kegiatan seperti seminar nasional, pemeriksaan IVA Test yang dilaksanakan di Sekretariat YKI dan di sekitar Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) Banjarmasin, kunjungan dan bakti sosial, serta fun walk yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024