Bantul (ANTARA) - Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas di lima tempat pemungutan suara (TPS) yang menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024, Sabtu.

"Sidokkes Polres Bantul melaksanakan pelayanan kesehatan kepada petugas di tempat pemungutan suara ulang di Kabupaten Bantul," kata Kasi Dokkes Polres Bantul Ida Wahyuningsih dalam keterangannya di Bantul, Sabtu.

Baca juga: Polisi terjunkan 30 personel untuk amankan PSU di TPS 043 Menteng

Menurut dia, sasaran pelayanan kesehatan itu meliputi anggota kepolisian, TNI, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), perlindungan masyarakat (Linmas), serta petugas lainnya.

"Pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah sesuai indikasi, konsultasi kesehatan, dan pemberian vitamin," katanya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan dilakukan di lima TPS di Bantul yang menggelar PSU, yaitu TPS 3 Kalipakis Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, TPS 16 Nglengis Desa Sitimulyo dan TPS 09 Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, serta TPS 69 Desa Banguntapan dan 34 Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan.

Baca juga: Ratusan personel TNI-Polri di Halteng amankan pelaksanaan PSU di 7 TPS

"Pelayanan kesehatan kepada petugas di TPS ini untuk mendukung Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, agar kesehatan para petugas tetap prima sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu DIY S Yosmar Dano mengatakan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Polres Bantul yang sudah menurunkan tim untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pemungutan suara ulang di lima TPS di wilayah Kabupaten Bantul.

Menurut dia, layanan ini sangat membantu sehingga bisa memastikan penyelenggara Pemilu di TPS mendapatkan kesempatan untuk dapat dicek kesehatannya.

Baca juga: Kapolres Ternate cek anggota pengamanan TPS pastikan PSU aman

"Apabila ada temuan masalah kesehatan, bisa diberikan treatment terkait dengan kondisi kesehatan yang dialami," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024