Saya berharap pembayaran klaim santunan dapat meringankan beban tertanggung untuk membuka kembali usahanya
Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance membayarkan klaim kebakaran sebesar Rp885,39 juta kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak kebakaran bangunan toko grosir di Samonu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Pembayaran klaim tersebut merupakan tindak lanjut atas laporan klaim pada musibah kebakaran Toko Grosir Al-Mubarok yang terjadi pada tanggal 26 September 2023.

“Saya berharap pembayaran klaim santunan dapat meringankan beban tertanggung untuk membuka kembali usahanya,” kata Direktur Utama BRI Insurance Budi Legowo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut diamini oleh nasabah BRI cabang Mamuju Muhammad Zainudin sebagai perwakilan yang menerima klaim. Menurut dia, pembayaran klaim asuransi BRI Insurance membantunya untuk memulai kembali usaha.

Dia berharap BRI Insurance ke depannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah, termasuk dari sisi proses pencairan klaim.

Menyambung hal itu, Budi mengatakan pihaknya akan terus berupaya memberi pelayanan yang optimal agar bisa memperoleh kepercayaan masyarakat.

Budi juga menyebut perusahaan akan terus meningkatkan edukasi terkait pentingnya asuransi serta mengoptimalkan pelayanan dengan berbagai inovasi, sehingga dapat memberikan solusi perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

Hingga sejauh ini, BRI Insurance memiliki produk perlindungan untuk aset rumah tinggal BRINS Asri, perlindungan kendaraan BRINS Oto, dan asuransi kecelakaan diri BRINS Diri.

Adapun produk asuransi yang dibayarkan kepada UMKM Mamuju merupakan asuransi mikro untuk kerusakan tempat usaha. Produk tersebut menawarkan premi mulai dari Rp40-50 ribu per tahun untuk menfaat santunan Rp5 juta hingga Rp15 juta. Selain kerusakan tempat usaha, produk tersebut juga mencakup asuransi rumah, motor, dan proteksi.

Sebelumnya, BRI Insurance mencetak premi bruto sebesar Rp3,3 triliun pada 2023, tumbuh 26,60 persen year-on-year (yoy) dari capaian 2022 sebesar Rp2,60 triliun.

Sebagai upaya dalam menciptakan portofolio bisnis yang tumbuh sehat dan berkelanjutan, pada tahun 2024 ini BRI Insurance mengusung tema tahunan, yaitu Strengthening Interconnected Business to Drive Sustainability with Business Diversification and Partnership.

Dengan itu, perusahaan menargetkan peningkatan kinerja melalui kolaborasi yang baik di BRI Group maupun mitra bisnis lainnya dalam upaya meningkatkan customer engagement yang mampu menghasilkan nilai dan manfaat dari BRI Insurance.

Baca juga: BRI Insurance salurkan bantuan untuk anak berkebutuhan khusus

Baca juga: BRI Insurance cetak premi bruto Rp3,3 triliun pada 2023


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024