Program community xollaboration ini, menjadi wadah untuk menggali, menguatkan, serta mengasah keterampilan dan kreativitas masyarakat atau pelaku UMKM lokal yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Mandalika
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT ITDC bersama Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar program community collaboration di Bazar Mandalika dalam rangka memperkuat kualitas produk.

"Program community xollaboration ini, menjadi wadah untuk menggali, menguatkan, serta mengasah keterampilan dan kreativitas masyarakat atau pelaku UMKM lokal yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Mandalika," kata PGS General Manager The Mandalika Wahyu M Nugroho di Praya, Minggu.

Salah satu kegiatan dalam program community collaboration adalah Cooking Class dengan tema "how to bake Pastry", yang dipandu oleh Chef Khaeruddin Umar. Kegiatan ini memberikan pelatihan praktis dalam membuat pastry, kepada para pelaku UMKM dan pengunjung Bazar Mandalika.

"Dalam kegiatan ini, mereka mempelajari teknik-teknik membuat pastry," katanya.

Ia mengatakan program community collaboration ini, bertujuan sebagai pemicu crowd puller di Bazar Mandalika. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal setempat.

Dengan demikian, program ini tidak hanya sekadar kegiatan sharing, tetapi juga sebagai sebuah upaya nyata untuk menggerakkan dan memajukan sektor ekonomi UMKM lokal di kawasan The Mandalika.

"Kerja sama dan antusiasme dari pelaku UMKM lokal, diharapkan dapat meningkatkan pengembangan diri dan memberikan dampak positif bagi Asosiasi UMKM Mandalika secara keseluruhan dan berkelanjutan," katanya.

Ia mengatakan kesempatan untuk bertukar pengalaman, strategi pemasaran dan bahkan menjajal inovasi dalam pengembangan produk, bermanfaat untuk memperkuat Asosiasi UMKM lokal, mendorong sinergi antar-pelaku usaha.

"Serta merajut kerja sama yang berkelanjutan untuk peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi UMKM Mandalika Sri Sofiati mengatakan melalui kerja sama ini pihaknya berharap dapat meningkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam pengembangan produk.

"Kami akan terus berpartisipasi aktif dalam upaya pengembangan ekonomi lokal, serta membangun sinergi yang kuat dengan berbagai pihak untuk mencapai kemajuan bagi Asosiasi UMKM Mandalika," katanya.

Baca juga: Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Baca juga: Pertamina Patra Niaga: UMKM binaan turut sumbang perekonomian Lombok

Baca juga: Omzet UMKM Pertamina capai Rp689,6 juta di ajang MotoGP Mandalika 2023


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024