Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan Khairul menegaskan komitmen Pemerintah Kota dalam mendukung kebebasan pers.

"Dan pemerintah terbuka terhadap pemberitaan media, termasuk kritik yang bersifat membangun," kata Khairul saat menghadiri acara family gathering puncak peringatan Hari Pers Nasional ke-78 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada Minggu di Pantai Binalatung.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan Tarakan yang telah berperan dalam menjaga suasana kondusif di kota tersebut.

Dalam acara tersebut, Khairul menyerahkan bonus kepada kontingen PWI Kota Tarakan yang telah berprestasi pada ajang Porwada I Kaltara 2023.

Selain itu, Khairul juga menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba jurnalis Menulis Opini HPN 2024 Kota Tarakan.

Acara yang diinisiasi oleh PWI Tarakan ini bukan sekadar kumpul-kumpul biasa, melainkan sebuah upaya nyata merajut kebersamaan dan memperkuat silaturahmi antar jurnalis di Kota Paguntaka.

“Acara family gathering ini kami mengundang seluruh jurnalis, tidak hanya untuk internal PWI Tarakan. Tujuannya untuk menjaga kekompakan, memperkuat silaturahmi dan kebersamaan antar wartawan,” kata Ketua PWI Tarakan Andi Muhammad Rizal.

Dengan kebersamaan seperti ini, Ichal sapaan akrabnya, berharap ke depan seluruh jurnalis di Tarakan semakin kompak dan harmonis.

Sementara itu, Ketua Panitia, Sunny Celine mengatakan, family gathering merupakan acara puncak dalam rangka memperingati HPN 2024.

Sebelumnya, PWI Tarakan telah menggelar serangkaian kegiatan, mulai dari pertandingan bulutangkis , menulis opini, serta dialog publik sekaligus deklarasi wartawan profesional lawan hoax dan kawal pemilu damai.

“Seluruh kegiatan ini menandai komitmen dalam menguatkan eksistensi jurnalis, khususnya PWI Tarakan. Semoga semangat dan kehangatan dalam acara ini tetap terjaga dan menjadi inspirasi bagi upaya-upaya kebersamaan di masa depan,” kata Ichal .

HPN 2024 ini mengusung tema mengawal transisi kepemimpinan nasional dan keutuhan bangsa.

Dalam setiap peringatan HPN PWI Tarakan selalu aktif menggelar berbagai kegiatan, seperti pada tahun lalu sukses mengadakan lomba menulis opini dan PWI Peduli, dengan membagikan bingkisan sembako kepada wartawan senior.

Baca juga: Wali Kota Tarakan kukuhkan Satgas Gerakan Sejuta Dai
Baca juga: Wali Kota Tarakan berharap warga ikut berperan mengendalikan inflasi
Baca juga: Dukung jadi wisata andal, Pantai Amal Kota Tarakan-Kaltara dibenahi

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024