Jakarta (ANTARA) - Selagi palet minimalis dan netral mendominasi tren terkini desain interior, muncul pula peningkatan ketertarikan untuk memadukan warna-warna berani dan pola-pola yang menarik perhatian dalam desain ruangan.

Pendiri dan arsitek utama di Cityspace’82 Architects Sumit Dhawan menyampaikan bahwa teknik blok warna bisa digunakan untuk menghasilkan efek visual mencolok pada dinding, furnitur, maupun aksesoris.

"Mulai dengan warna dasar yang menentukan corak ruangan. Warna-warna berani dan cerah seperti hijau zamrud, biru royal, atau merah menyala cocok untuk tujuan ini," kata Dhawan sebagaimana dikutip oleh Hindustan Times pada Minggu (25/2).

"Setelah warna dasar ditentukan, pilih satu atau dua warna pelengkap atau warna kontras untuk menciptakan blok-blok warna," katanya.

Misalnya, ruang tamu dengan warna dasar biru kobalt dapat diberi aksentuasi dengan bantal blok warna kuning mostar dan koral tua.

Pertimbangkan untuk menyeimbangkan blok warna berani dengan elemen netral agar ruangan tidak tampak berlebihan. Perabotan dan aksesori berwarna putih atau krem dapat digunakan agar warna-warna cerah muncul tetapi tidak terlalu mencolok.

Selain itu, teknik memadukan pola bisa digunakan untuk menciptakan keseimbangan menggunakan pola dan warna cerah. Misalnya, kertas dinding motif bunga dapat dilengkapi dengan bantal bermotif geometris dengan warna serasi.

"Variasi skala pola penting untuk menciptakan daya tarik visual tanpa menimbulkan kekacauan. Menggabungkan pola berskala besar dengan desain yang lebih kecil dan rumit membantu menjaga keseimbangan dalam keseluruhan desain," kata Mukesh Bhatia, pendiri dan arsitek utama di SSB Architects.

Dia mengatakan, pola-pola yang berbeda seperti garis, polka dot, dan chevron dapat dipadukan dengan memastikan ada elemen pemersatu untuk menciptakan kohesi di dalam ruang.

Furnitur dan aksen dengan warna atau pola yang mencolok juga dapat digunakan untuk mencerahkan ruangan. Sofa berwarna cerah atau kursi yang menarik perhatian bisa menjadi titik fokus sebuah ruangan.

Arsitek pendiri Design21 Nikita Bajaj Pathak mengatakan, saat memilih furnitur yang berani, perhatikan skema warna ruangan secara keseluruhan.

"Pertimbangkan warna permata seperti safir, kecubung, atau zamrud untuk kesan mewah, atau pilih pola yang tidak konvensional seperti motif binatang atau desain grafis untuk sentuhan kontemporer. Pastikan furnitur melengkapi alih-alih berbenturan dengan warna dan pola yang ada," katanya.

Apabila dinding dan aksesori sudah penuh dengan pola, maka furnitur berwarna solid bisa dipilih untuk menjaga keseimbangan.

Dinding dan langit-langit bisa pula dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan warna dan pola berani ke dalam ruangan.

Pendiri dan arsitek utama di Design Square Architects Ruby Goswamy mengatakan, langit-langit yang cerah dapat menarik perhatian ke atas, menciptakan kesan tinggi dan drama.

"Pertimbangkan untuk menggunakan kertas dinding tebal, warna cat mencolok, atau bahkan mural di langit-langit untuk menonjolkan kesan," katanya.

Dia menekankan pentingnya memastikan seluruh ruangan mempertahankan desain yang kohesif saat memadukan elemen berani di langit-langit. Caranya, dengan memilih warna dan pola yang melengkapi keseluruhan tema, sehingga menciptakan tampilan yang harmonis.

Baca juga: Tren dekorasi interior yang akan mendominasi di tahun 2024
Baca juga: Tips memilih furniture rumah ala Dian Sastrowardoyo

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024