Jakarta (ANTARA) - Karpet merupakan elemen dekorasi yang mampu memberikan tambahan aksen pada ruangan, baik itu sebagai penyeimbang estetika dan fungsi, maupun untuk memberikan kesan elegan dan menghidupkan nuansa seni pada ruangan.

Direktur FIO Carpet, Okky Sardjono, berpendapat bahwa karpet tidak sebatas elemen dekorasi melainkan karya seni yang bisa mempertegas desain interior sebuah ruangan.

"Kami selalu menjalin hubungan baik dengan desainer interior untuk mengetahui tren dan minat pasar yang sedang berlangsung. Hal ini juga yang menjadikan FIO Carpet tak hanya sekadar karpet dekorasi, tapi lebih kepada sebuah karya seni dalam ekosistem desain interior,” kata Okky dalam siaran resmi pada Senin.

Untuk itu, Okky membagikan tiga cara memilih karpet secara cermat agar sesuai dengan nilai estetika dan fungsi dari ruangan Anda, berikut ulasannya.

Baca juga: Referensi enam desain ruang tamu yang akan jadi tren 2023

Gaya dan motif karpet

Karpet dengan motif tradisional sangat cocok untuk digunakan pada ruangan yang bernuansa tropis. Salah satu motif yang bisa menjadi referensi adalah Broadloom dari FIO Carpet karena pilihan warna dengan motif anyaman yang dapat membangun nuansa tropis pada ruangan.

Sedangkan untuk nuansa modern dan minimalis, karpet dengan pola sederhana dan warna netral dapat menjadi pilihan, seperti yang dihadirkan FIO Carpet melalui koleksi Alessi dan Chelsea.

Warna dan mood

Jika ingin memberikan kesan nyaman pada ruangan, karpet berwarna cokelat, merah marun, dan kuning dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung nuansa tersebut, seperti koleksi FIO Carpet, Sierra, Etienne dan Linden, yang memiliki pilihan warna-warna hangat.

Sementara warna soft seperti abu-abu, putih, dan beige dapat menjadi pilihan jika ingin memberikan kesan ruangan yang lebih tenang dan elegan, seperti pada koleksi Olympus.

Baca juga: Magna hadirkan galeri kedua di Jakarta dan jasa konstruksi interior

Fungsi dan Jenis Bahan

Selain aspek estetika, pemilihan karpet juga harus mempertimbangkan kebutuhan fungsional ruangan dan jenis bahan yang sesuai untuk penggunaannya. Selain itu, fungsi karpet juga akan memengaruhi ukuran yang harus dipilih.

FIO Carpet menyediakan berbagai jenis bahan berkualitas, termasuk polypropylene, polyester, dan acrylic, yang cocok digunakan di ruang makan karena mudah dibersihkan dan dirawat, serta dapat diaplikasikan pada beragam area lainnya. FIO Carpet juga menawarkan bahan wool yang ideal untuk ruang tamu, serta viscose untuk area ruang tamu dan kamar tidur karena teksturnya lembut dan halus.

Showroom FIO Carpet yang berlokasi di Darmawangsa, Jakarta Selatan, juga menghadirkan berbagai motif dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan interior ruangan sesuai kebutuhan konsumen.

Baca juga: Tips memilih furniture rumah ala Dian Sastrowardoyo

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023