... konektivitas kawasan, kami telah mengajukan rencana pembangunan dan investasi infrastruktur di kawasan Asia Pasifik yang akan mulai terlaksana 2014... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia akan memperjuangkan 20 isu dalam pertemuan akhir para Pejabat Senior Kementerian (CSOM) forum KTT ke-21 APEC 2013.
    
"Ada 20 gagasan yang tengah diperjuangkan Indonesia pada CSOM ini, semua untuk memastikan perdagangan di kawasan Asia Pasifik dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, dan mendukung apa yang benar-benar dibutuhkan yaitu ekonomi yang berkembang dan perdagangan yang kompetitif," kata Ketua CSOM APEC Indonesia, Yuri O Thamrin, di Hotel Laguna, Nusa Dua Bali, Senin.
     
Isu-isu tersebut antara lain adalah mendukung sistem perdagangan multilateral dan memastikan tercapainya hasil konkrit pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.
     
Selain itu, Indonesia mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia PAsifik, mendorong pembangunan konektivitas APEC yang mendukung konektivitas di ASEAN dan Indonesia.
    
"Misalnya untuk konektivitas kawasan, kami telah mengajukan rencana pembangunan dan investasi infrastruktur di kawasan Asia Pasifik yang akan mulai terlaksana 2014, ini sangat jelas manfaatnya untuk Indonesia mengingat infrastruktur fisik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia saat ini," katanya.
    
CSOM APEC, yang merupakan pertemuan terakhir pejabat tinggi APEC, diadakan dua hari 1-2 Oktober 2013.
     
Sebelumnya, para pejabat tinggi APEC telah melakukan empat kali pertemuan sepanjang tahun 2013, dan akan memfinalisasi semua pembahasan pada CSOM dan melaporkan hasil-hasilnya pada pertemuan APEC Ministrial Meeting tanggal 4-5 Oktober 2013.
     
Semua hasil akhir akan diketok palu oleh Presiden Susilo Yudhoyono pada KTT APEC 7-8 Oktober 2013.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013