... sangat lancar, semoga tetap cepat mengunduh saat KTT APEC ini berlangsung... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Ruang Pecatu 1 dan Pecatu 2 Pusat Konvensi Internasional Nusa Dua Bali (BNDCC) yang dijadikan Pusat Media Massa putaran KTT ke-21 APEC 2013 telah siap dipergunakan untuk menyebarluaskan informasi pelaksanaan pertemuan puncak negara-negara anggota APEC, di Nusa Dua, Bali, pada 1-8 Oktober ini. 

Puluhan jurnalis dari berbagai media massa dalam dan luar negeri telah mulai bekerja dan mencoba berbagai fasilitas dan perangkat yang disediakan panitia pelaksana KTT ke-21 APEC 2013 itu. Deretan panjang meja kerja di mana diletakkan ratusan komputer spesifikasi tinggi berlayar datar terpampang di dalam ruang pertemuan besar itu. 

Tiga layar besar belasan meter persegi disiapkan di tiga sisi ruang besar tempat jurnalis bekerja. "Internet sangat lancar, semoga tetap cepat mengunduh saat KTT APEC ini berlangsung," kata seorang jurnalis dari Jepang. 

Selain meja-meja kerja yang bisa menampung hingga 1.500 jurnalis itu, juga disiapkan dua ruang taklimat (briefing), empat studio mini dan ruang kerja untuk jurnalis radio yang memerlukan kualitas suara prima. 

"Saya ingin tahu kesiapan Pusat Media Massa ini," kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, AM Fachir, yang melihat dan memastikan kesiapan pusat informasi itu. 

Keseriusan panitia pelaksana tentang ini ditunjukkan dengan memastikan instalasi penunjang berfungsi baik, mulai dari kebersihan ruangan, operasionalisasi pendingin udara, lokasi Pusat Media Massa yang strategis, hingga ketersediaan jaringan internet dan listrik yang memadai dan diandalkan. 

Putaran KTT ke-21 APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, ini telah dimulai sejak kemarin, dalam berbagai pertemuan di tingkat pejabat senior kementerian ke-21 negara anggota APEC. Menurut jadual persidangan, terdapat sekitar 182 pertemuan di tingkat itu yang dilaksanakan pada lokasi-lokasi terpisah secara paralel. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013