Untuk tempat pemakaman umum (TPU) memang mulai tahun ini sudah tidak ada lagi retribusi ya
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membebaskan biaya retribusi tempat pemakaman umum yang dikelola pemerintah daerah setempat.

"Untuk tempat pemakaman umum (TPU) memang mulai tahun ini sudah tidak ada lagi retribusi ya," kata Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan pembebasan biaya dimaksud mengacu peraturan daerah terkait retribusi sebagai turunan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 menyangkut hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Chaidir menjelaskan saat ini terdapat lima TPU di bawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten Bekasi yakni TPU Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan; TPU Wanajaya, Kecamatan Cibitung; TPU Kebalen, Kecamatan Babelan; TPU Karangbahagia, Kecamatan Karangbahagia; serta TPU Pasirtanjung, Kecamatan Cikarang Pusat.

"Kelima TPU tersebut dapat digunakan oleh seluruh warga Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Baca juga: Perluasan lahan TPU Perwira Bekasi terkendala dana
Baca juga: 2011 TPU Pedurenan Akan Gantikan TPU Perwira Bekasi


Disperkimtan Kabupaten Bekasi juga membuka pelayanan informasi TPU untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan sarana dan prasarana pemakaman.

"Tidak hanya sebatas TPU, kami juga buka layanan tata cara pengajuan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum), berikut permohonan pemanfaatan baik untuk sarana ibadah, pendidikan, kesehatan, maupun lainnya. Masyarakat bisa langsung datang ke kantor atau mengakses melalui layanan secara daring atau online yang telah kami sediakan," katanya.

Pengelola Sarana dan Prasarana Pemakaman Umum TPU Wanajaya Sadeli membenarkan terhitung sejak Januari 2024 tempat pemakaman umum yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah gratis atau tanpa dipungut biaya retribusi.

"Untuk lahan di kita masih luas, dari 37 hektare lahan tersedia baru terpakai kurang lebih tiga hektare untuk pemakaman muslim dan satu hektare untuk pemakaman nonmuslim," katanya.

Sadeli memastikan pelayanan di TPU Wanajaya tetap berjalan optimal meskipun retribusi pemakaman umum telah dihapuskan.

"Kenyamanan pengunjung tetap jadi prioritas kami. Kebersihan terus kita jaga, pekerjaan gali tanah kubur kita gratiskan," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bekasi bentuk tim investigasi jual beli lahan TPU
Baca juga: Bekasi apresiasi penghijauan TPU oleh masyarakat


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024