Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga atlet para-bulu tangkis Indonesia menyabet penghargaan BWF Player of The Year Award 2023 atau Penghargaan Pemain Terbaik BWF 2023 dalam dua kategori.

Rina Marlina dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Putri Para-bulu tangkis dan ganda campuran Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani menyabet penghargaan Pasangan Para-bulu tangkis Terbaik 2023.

Rina mengalahkan kandidat lainnya yakni pemain asal Jepang Sarina Satomi, Pilar Jauregui Cancino (Peru), Thulasimathi Murugesan (India), Man-Kei To (Belgia), serta rekan senegaranya Leani Ratri Oktila.

Pemberian penghargaan bagi Rina, Ratri, dan Hikmat dilakukan berbarengan dengan pertandingan final Kejuaraan Dunia Para-bulu tangkis 2024 yang diadakan di Pattaya, Thailand, Minggu (25/2).

"Saya sangat tidak menyangka bisa mendapat penghargaan pemain terbaik BWF 2023 karena mungkin untuk bisa mendapatkan penghargaan ini tidak mudah dan mungkin di luar sana banyak yang lebih bagus ketimbang saya, saya sangat bersyukur sekali mendapat kan penghargaan ini," kata Rina dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Untuk kategori Pasangan Terbaik, Ratri/Hikmat mengungguli sejumlah nominasi lainnya seperti Muhammad Fareez Anuar/Cheah Liek Hou (Malaysia), Sarina Satomi/Yuma Yamazaki (Jepqng) serta dua pasangan Indonesia lainnya yakni ganda campuran Rina Marlina/Subhan dan ganda putri Khalimatus Sadiyah/Leani Ratri Oktila.

Menurut Ratri, penghargaan ini merupakan gelar keempatnya setelah sebelumnya ia mampu merebut gelar Pemain Putri Terbaik BWF pada 2018, 2019, dan periode 2020-2021.

"Saya sangat bangga masih bisa meraih penghargaan kategori pasangan terbaik. Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya bagi saya dari BWF. Sebelumnya saya sudah memenangi tiga penghargaan sebagai Female Player of The Year BWF," Ratri.

"Alhamdulillah atas penghargaan BWF Parabadminton Of The Year ini. Saya sangat bangga atas perjuangan dari awal hingga bisa mendapatkan penghargaan ini," timpal Hikmat.

Baca juga: Indonesia raih tiga medali emas para-bulu tangkis World Championship

Kesuksesan Rina, Ratri, dan Hikmat menjadi pemain terbaik dunia BWF disambut gembira oleh NPC Indonesia. Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan ketiga pemain ini pentas mendapatkan penghargaan pemain terbaik dunia karena konsisten meraih prestasi sepanjang 2023.

"Intinya kami bersyukur atas penghargaan bagi Rina, Ratri, dan Hikmat karena prestasi mereka konsisten sepanjang tahun lalu sehingga diberi penghargaan sebagai pemain terbaik dunia," kata Rima.

"Penghargaan ini sangat pantas bagi mereka. Semoga penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi mereka untuk meraih prestasi tertinggi di Paralimpiade nanti."

Tropi pemain terbaik BWF semakin melengkapi prestasi manis kontingen para-bulu tangkis Indonesia yang mampu merah tiga gelar juara dalam Kejuaraan Dunia Para-bulu tangkis 2024 yang diadakan di Pattaya, Thailand.

Baca juga: Dheva fokus pemulihan kondisi demi tampil prima jelang Paralimpiade
Baca juga: Para-bulu tangkis Indonesia rebut tujuh medali di Dubai


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024