Ia (Guardiola) tahu betul pola permainan kami, sehingga ia akan mencoba dengan berbagai variasi taktik. Kami juga tahu mengenai Guardiola. Saya menjalani hidup selama sembilan tahun di Spanyol,
Manchester (ANTARA News) - Langit stadion Etihad bertabur bintang gemintang gemerlap ditaburi cahaya merona karena dewi Fortuna mengepak sayap bagi kemenangan skuad tuan rumah. Menang adalah segalanya dalam sebuah duel.

Manchester City melambungkan asa manakala menghadapi Bayern Muenchen dalam babak penyisihan Grup D Liga Champions pada Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan ini ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV.

Mendulang menang bagi The Citizen, julukan bagi Manchester City, merupakan harga mati. Lawan yang kali ini dihadapi justru jagoan dari Bundesliga, Bayern Muenchen.

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini tidak sebatas bermimpi memperoleh menang. Ia justru berusaha mewujudkan dan membuktikannya dengan meracik taktik. Ia tidak ingin menjadi macan kertas, tetapi macan lapangan.

Di kubu City, David Silva siap diturunkan, dan Sergio Aguero siap dikomando. Tinggal sekarang menanti kejelian Pellegrini memotivasi anak buahnya menghadapi Muenchen.

Pecinta sejati Etihad menanti penampilan David Silva. Pemain asal Spanyol itu baru saja mengalami cedera ketika membela negaranya di ajang penyisihan Piala Dunia bulan lalu.

Silva yang kini berusia 27 tahun itu kembali berlatih bersama City, sementara Aguero telah pulih dari cedera. Kedua pemain siap membuat stadion Etihad bergemuruh menyambut kedatangan dewi Fortuna.

City dipandu Pellegrini, dan Bayern dibesut Pep Guardiola. Kedua skuad dan kedua sosok pelatih sama-sama telah meraja di liga masing-masing. Keduanya beradu dan berebut kemuliaan bahwa menang adalah "anggur bagus yang menyukakan hati manusia".

Baik Pellegrini maupun Guardiola telah bersua sebanyak delapan kali kurun 2008 dan 2012. Pellegrini menangani Villareal dan Malaga, sedangkan Guardiola melatih Barcelona.

Tanpa basa-basi, Guardiola memuji Pellegrini, dan menyebut pelatih asal Chile itu punya kualitas jempolan.

"Saya terkesan dengan Manuel karena saya suka dengan gaya dia. Tidak jadi soal klub mana yang ia latih. Segala arahannya selalu menjadi ciri khas dari tim yang ia tangani. Itu terjadi ketika ia berada di Villarreal, Malaga, Real Madrid," katanya.

Puja-puji Guardiola terhadap Pellegrini boleh jadi terdengar sumbang. City sedang gamang, karena mendulang dua kekalahan, ketika melawan Cardiff City dan Aston Villa manakala menjalani musim kompetisi 2013/14.

Boleh jadi juga, Guardiola menyuarakan optimisme pendukung setia City. Kubu Etihad bersikap realistis saja. Pasukan Pellegrini mampu menaklukkan Newcastle, Viktoria Plzen, Manchester United dan Wigan Athletic.

Komentar dua pelatih:

Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Laga ini sangat sulit karena harus berhadapan dengan Bayern. Mereka mampu menang dalam tiga laga terakhir karena ia (Guardiola) makin mampu beradaptasi. Ia manajer yang sangat brilyan."

"Ia (Guardiola) tahu betul pola permainan kami, sehingga ia akan mencoba dengan berbagai variasi taktik. Kami juga tahu mengenai Guardiola. Saya menjalani hidup selama sembilan tahun di Spanyol, sehingga saya tahu betul racikan strategi Guardiola."

"Saya tahu Guardiola, dan saya yakin ia risau ketika menghadapi Manchester City. Sama halnya, saya juga risau dengan Bayern. Mereka punya sederet pemain berkualitas."

"Saya senantiasa berbicara dengan Txiki meski tidak selalu soal Barcelona. Saya punya banyak informasi meski kami sekarang tidak melawan Barcelona, tetapi menghadapi Bayern Muenchen."

Pep Guardiola (Bayern Muenchen):
"Tahun lalu mereka membuat langkah besar, mereka memenangi gelar Liga Primer. Ini kali pertama mereka harus berlaga di babak penyisihan. Jika mereka lolos, maka mereka akan menjadi salah satu tim terkuat di babak selanjutnya."

"City salah satu tim terbesar di Eropa. Mereka tidak tergoyahkan dalam dua musim terakhir dan saya yakni seratus persen bahwa mereka mampu lolos."

"Saya tahu sejumlah pemain mereka, sebut saja (David) Silva, (Alvaro) Negredo dan Yaya (Touré). Mereka pemain luar biasa, dan sejauh ini mereka tampil memesona. Laga besok menjadi tantangan besar bagi kami."

Prakiraan susunan pemain:

Manchester City (4-4-2):
Hart (penjaga gawang); Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov; Fernandinho; Navas, Yaya Toure, Nasri; Dzeko, Negredo.

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang); Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Schweinsteiger, Kroos; Robben, Müller, Ribery; Mandzukic.

Komentar dua pemain:
Fernandinho (Manchester City):
"Musim lalu, Bayer Muenchen mampu tampil sebagai tim dengan gaya sepak bola cemerlang dan mereka menjadi juara Eropa. Jika saya mengalahkan mereka, maka orang di luar sana tentu memberi perhatian."

"Bakal ada maklumat besar dalam dunia sepak bola jika kami mampu menundukkan salah satu tim terbaik di Eropa, bahkan tim terbaik di dunia. Ini harapan yang lebih tinggi dibandingkan ketika kami mampu mengalahkan United. Ini alasan kami berusaha menang.

Arjen Robben (Bayern Muenchen):
"Mereka bukanlah satu-satunya klub yang berlimpah uang di Eropa meski anda tidak dapat membeli kualitas. Saya beranggapan bahwa anda harus membangun tim. Punya sejumlah pemain berkualitas akan memberi kesempatan untuk memperoleh sukses."

"Jika anda menyaksikan dua laga terakhir di ajang Liga Champions, mereka masuk dalam grup yang sulit meski mereka berpeluang menuai kemenangan."

Data dan fakta:

Manchester City:
Transfer pemain musim panas lalu:
* Pemain masuk: Jesús Navas (Sevilla FC), Álvaro Negredo (Sevilla FC), Fernandinho (FC Shakhtar Donetsk), Stevan Jovetić (ACF Fiorentina), Martín Demichelis (Club Atlético de Madrid).
* Pemain keluar: Kolo Touré (Liverpool FC), Wayne Bridge (Reading FC), Roque Santa Cruz (Málaga CF), Carlos Tévez (Juventus), Maicon (AS Roma), Scott Sinclair (West Bromwich Albion FC), Gareth Barry (Everton FC).

* Skuad asuhan Pellegrini meraup satu kemenangan dari empat laga tandang musim ini. Mereka mampu memetik empat kemenangan dari lima laga kandang, dengan menjaringkan 15 gol, kemasukan satu gol.
*Jovetic telah mencetak dua gol dan Navas menceploskan gol perdananya ketika City menang 5-0 melawan Wigan Athletic di Piala Liga pada Selasa pekan lalu. City juga mampu memukul Manchester United dalam laga derbi dengan skor 4-1 (22/9).
* Demichelis mengalami cedera lutut dan harus menjalani perawatan sealam empat hari. Ia absen dalam dua laga ke depan.

Bayern Muenchen:
Transfer pemain musim panas lalu:
* Pemain masuk: Mario Goetze (Borussia Dortmund), Thiago Alcántara (FC Barcelona), Jan Kirchhoff ( FSV Mainz 05).
* Pemain keluar: Mario Gomez (ACF Fiorentina), Luiz Gustavo (VfL Wolfsburg), Anatoliy Tymoshchuk (FC Zenit), Emre Can (Bayer 04 Leverkusen), Nils Petersen (SV Werder Bremen).
* Sukses rataan sebagai dalam melepas umpan mencapai 87 persen. Tiga pemain punya kemampuan mumpuni melepas umpan, masing-masing David Alaba (108), Franck Ribéry (106) dan Philipp Lahm (99).
* Bayern menuai 45 kali kemenangan dari 54 pertandingan di seluruh kompetisi musim lalu.
* Pada 29 Agustus, Ribery terpilih menjadi pemain terbaik Eropa UEFA 2012/13, menurut versi para wartawan sepak bola dunia.
* Pada 6 September, Lahm mengukir rekor 100 kali membela timnas Jerman ketika tim Panzer itu menang 3-0 melawan Austria.
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City 2-1 FC Bayern Muenchen (13,91 persen)
* Manchester City 1-3 FC Bayern Muenchen (13,85 persen)
* Manchester City 2-0 FC Bayern München   (11,49 persen)

Head to Head
Laga persahabatan (FRC)
2 Aug 2013     Manchester City 1 - FC Bayern Muenchen 2     

UEFA Champions League (UCL)
  8 Dec 2011     Manchester City 2 - FC Bayern Muenchen 0     
28 Sep 2011     FC Bayern Muenchen 2 - Manchester City 0     

Lima laga terakhir:     

Manchester City
28 Sep 2013    Aston Villa 3 - Manchester City 2    EPL
25 Sep 2013    Manchester City 5 - Wigan Athletic 0    CCUP
22 Sep 2013    Manchester City 4 - Manchester United 1    EPL
18 Sep 2013    FC Viktoria Plzeň 0 - Manchester City 3    UCL
14 Sep 2013    Stoke City 0 - Manchester City 0    EPL

FC Bayern Muenchen
28 Sep 2013    FC Bayern Muenchen 1 - VfL Wolfsburg 0    BUN
26 Sep 2013    FC Bayern Muenchen 4 - Hannover 96 1    GERC
22 Sep 2013    FC Schalke 04 0 - FC Bayern Muenchen 4    BUN
18 Sep 2013    FC Bayern Muenchen 3 - CSKA Moscow 0    UCL
14 Sep 2013    FC Bayern Muenchen 2 - Hannover 96 0    BUN

Narasi prediksi:
* Tampil di kandang sendiri, kalau saja City membuat kekeliruan, maka Bayern siap menghukum. Dukungan publik Etihad bakal banyak mempengaruhi penampilan skuad asuhan Pellegrini.
* Guardiola memboyong sejumlah pemain brilyan Bayern ke Etihad Stadium, karena ia tahu dan paham bahwa inilah pertandingan berskala akbar.
* Pellegrini telah berdiskusi banyak dengan direktur sepak bola Txiki Begiristain dan ketua eksekutif Ferran Soriano. Kedua orang itu pernah membantu Guardiola semasa masih melatih Barcelona.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews:
Manchester City: 1
Bayern Muenchen: 2  

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013