Binjai, Sumut (ANTARA News) - Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai Sumatera Utara, telah merusak 330 rumah warga baik rusak ringan maupun berat, selain itu juga merusak dua gedung pemerintahan dan tiga warga mengalami luka.

"Ada 330 rumah warga yang mengalami rusak ringan dan berat," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Binjai, Zulfikar pada Rabu.

"Kerusakan yang terjadi akibat bencana angin puting beliung tersebut sungguh sangat luas meliputi enam kelurahan yang ada di kecamatan Binjai Utara," katanya.

Dari data yang sudah berhasil dihimpun dilapangan untuk sementara ini ada 330 rumah warga yang mengalami kerusakan seperti di Kelurahan Cengkeh Turi sebanyak 199 rumah.

Sedangkan kelurahan lainnya yaitu Kebun Lada 24 rumah warga rusak, Kelurahan Damai 78 rumah warga rusak, Kelurahan Jati Utomo 12 rumah warga rusak, Kelurahan Jati Karya tujuh rumah warga rusak dan Kelurahan Jati Makmur 10 rumah warga rusak.

Selain itu ada juga yang rusak dua kantor pemerintahan yaitu kantor Pekerjaan Umum dan juga kantor Camat setempat.

Tidak hanya itu saja, kata Zulfikar akibat dari bencana angin puting beliung yang melanda kawasan itu, Senin malam (1/10) sekitar pukul 20.00 WIB, juga membuat tiga orang warga mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Secara terpisah petugas Badan Penangulangan Bencana Daerah Kota Binjai, Zulkarnain yang dihubungi menjelaskan bahwa instansinya kini sudah mendirikan tenda darurat untuk pengungsian serta dapur umum untuk warga yang akan mengungsi.(*)

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013