Setiap tahun kami selalu siapkan dan ini adalah event tahunan.
Magelang (ANTARA) - Jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 diprediksi lebih banyak dibandingkan tahun 2023, kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Kementerian Perhubungan sedang bersiap melakukan koordinasi lintas sektoral terkait persiapan infrastruktur maupun transportasi saat mudik dalam momen Lebaran 2024," kata Budi Karya, di Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut usai acara groundbreaking fasilitas kendaraan listrik di Karoseri Tri Sakti, Kabupaten Magelang.

Berdasarkan survei sementara yang dilakukan Korps Lalu Lintas Polri, jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 200 juta orang.

Jumlah tersebut lebih tinggi enam persen dibanding jumlah pemudik Lebaran pada tahun sebelumnya sebanyak 187 juta orang.

Menhub menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memimpin sidang kabinet paripurna dengan agenda persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, meminta Kemenhub melakukan koordinasi lintas sektoral.

Menurut dia, pihaknya mempersiapkan koordinasi dengan pemda, polisi, BUMN, dan (Kementerian) PUPR agar bisa menjalankan (proses mudik) sama baiknya dengan tahun lalu.

"Setiap tahun kami selalu siapkan dan ini adalah event tahunan," katanya pula.

Ia menuturkan memasuki bulan Ramadhan dan di bulan April 2024 akan merayakan Idul Fitri, sehingga minta seluruh kementerian dan lembaga yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat untuk dapat beribadah dengan khusyuk.
Baca juga: Pemudik puas atas kinerja Polri arus mudik dan balik berjalan lancar
Baca juga: Dokter imbau pemudik periksa kesehatan sebelum lakukan perjalanan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024