Padang (ANTARA) - Kota Padang, Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah peringatan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat nasional yang akan digelar pada 1-3 Maret 2024.

Kepala Satpol PP Provinsi Sumbar, Irwan, di Padang, Selasa, mengatakan kegiatan itu nanti akan dihadiri lebih dari dua ribu personel Satpol PP dan Satlinmas dari seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Kita sudah lakukan persiapan matang untuk menyambut ribuan personel Satpol PP dan Satlinmas nanti," ujarnya.

Ia menyebut rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas nantinya diawali dengan registrasi dan jamuan makan malam bagi tamu undangan yang datang pada Jumat (1/3) malam.

Kemudian hari berikutnya, Sabtu (2/3), digelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia. Rakornas dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas dilanjutkan dengan penyampaian materi rakornas oleh narasumber yang terdiri atas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan materi “Sinergisitas Penyelenggaraan Pemilu dan Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas pada Setiap Tahapan Pilkada Tahun 2024".

Juga ada narasumber lainnya, yakni Pj. Gubernur Bali dengan materi “Penguatan Kelembagaan Satpol PP dan Satlinmas di Daerah”. Nara sumber berikutnya adalah Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dengan materi “Proporsi dan Landasan Yuridis Dukungan Penganggaran Pembiayaan Wajib Layanan Dasar Sub Urusan Trantibum”.

Nara sumber dari Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian PAN-RB dengan materi “Kebijakan Jabatan Pelaksana Trantibum sesuai Kepmenpan Nomor 11 Tahun 2024”.

Pada kegiatan rakornas nanti, juga diserahkan penghargaan Karya Bhakti kepada Kepala Satpol PP dan penghargaan Karya Bhakti kepada kepala daerah yang peduli Satpol PP.

Selain Rakornas Satpol PP dan Satlinmas, pada hari ketiga, Minggu pagi (3/3), akan ada Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas dengan Inspektur Upacara Mendagri Tito Karnavian. Gelar pasukan dilaksanakan di halaman Istana Gubernuran.

“Pada Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas digelar atraksi secara simbolik pergantian baju anggota linmas terbaru, display Drum Band Satpol PP Kota Padang, atraksi penyelenggaraan trantibum Kota Bukittinggi dan atraksi trantibum Kota Padang Panjang. Juga ada atraksi IPDN Regional Sumbar nantinya,” katanya.

Baca juga: Satpol PP patroli rutin guna kenyamanan wisatawan di Labuan Bajo

Baca juga: Gubernur Bali minta Satpol PP Pariwisata edukasi wisatawan

Baca juga: Satpol PP Pariwisata Bali dilengkapi anjing lokal sahabat wisatawan

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024