Microbanking akan kami kembangkan di Nusantara sebagai bentuk pengembangan ekonomi warga sekitar yang sekiranya ada di level mikro
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Persero untuk menerapkan digitalisasi perbankan di ibu kota baru itu seiring visi mewujudkan kota cerdas.

OIKN dan BRI pada Selasa di Jakarta, meneken nota kesepahaman untuk kerja sama penyediaan dan pemanfaatan layanan jasa perbankan di Ibu Kota Nusantara.

“Kami (Otorita IKN) harap bahwa dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, bisa memperkuat langkah bersama yang telah dilakukan bersama BRI dan langkah langkah lain di masa depan,” kata Sekretaris Otorita IKN Acmad Jaka Santos Adiwijaya dalam acara penandatanganan tersebut.

Menurut Jaka, peran digitalisasi BRI dapat mendukung implementasi cita-cita Nusantara sebagai kota hijau, cerdas dan berkelanjutan".

Visi BRI yang ingin melakukan digitalisasi perbankan di IKN selaras dengan visi kami dalam menjadikan Nusantara sebagai kota pintar, sehingga kebutuhan digital yang terpenuhi juga akan membuat Nusantara sebagai kota yang dicintai oleh penduduknya.

Baca juga: OIKN, Otorita Canberra teken MoU mobilitas perkotaan

Baca juga: OIKN: Kampus dari Inggris tertarik masuk ke sektor pendidikan di IKN


Kerja sama tersebut meliputi kehadiran Kantor Cabang BRI di Nusantara dengan konsep digitalisasi yang maju. Layanan digitalisasi tersebut didukung oleh BRImo, Digital Saving BRI, BRIspot dan BRIguna Digital, QRIS, BRI Credit Card Mobile dan lain sebagainya.

Selain itu untuk layanan di kementerian/lembaga, BRI juga memiliki layanan Virtual Account (VA) Satker sebagai pengganti Giro Pemerintah sesuai PMK 183/PMK.05/2019, Kartu Kredit Pemerintah (KKP), dan QLola by BRI.

Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan kerja sama ini diperlukan untuk mengembangkan perekonomian sekitar bagi warga Nusantara.

“Microbanking akan kami kembangkan di Nusantara sebagai bentuk pengembangan ekonomi warga sekitar yang sekiranya ada di level mikro, baik secara level usaha maupun transaksinya,” ujar Agus.

Agus juga memastikan BRI siap melayani dan mendukung kebutuhan pemindahan ibu kota negara ke Nusantara dengan memberikan bentuk pelayanan yang maksimal di bidang perbankan.

“Kami yakin dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama hari ini akan memberikan suatu nilai tambah yang lebih dan saling menguntungkan kepada Otorita IKN,” kata Agus.

Otorita IKN akan melaksanakan “groundbreaking” ke-5 pada 29 Februari-1 Maret 2024 di wilayah Nusantara. BRI juga menjadi salah satu perbankan di Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang mengikuti “groundbreaking” dalam pembangunan di Nusantara bersama bank-bank pemerintah.

Baca juga: OIKN dan Otorita Canberra bekerja sama terkait pengembangan ibu kota

Baca juga: OIKN: "Groundbreaking" kelima IKN diikuti tiga bank BUMN sampai Telkom


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024