Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping, Kamis, di Jakarta, meresmikan pameran foto yang merepresentasikan persahabatan China dengan Indonesia di Museum Nasional Jakarta, Kamis siang.

Presiden Jinping didampingi Ibu Negara Peng Liyuan tiba di perhelatan pembukaan pameran, sekitar pukul 11.50 WIB, dan disambut beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Beberapa menteri yang turut hadir dalam perhelatan itu adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, serta beberapa menteri lainnya, dan juga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Turut hadir pula, Direktur Utama Kantor Berita Antara Saiful Hadi, dan Presiden Kantor Berita Xinhua Li Qongjun, yang lembaganya telah mengorganisasikan foto-foto yang ditampilkan dalam pameran ini.

Presiden Jinping, didampingi Menko Kesra Agung Laksono, meresmikan pameran foto tersebut secara simbolis dengan memukul gong, sebelum memasuki ruang pameran.

Pameran foto tersebut merupakan kerja sama antara fotografer Kantor Berita Antara, Indonesia, dan Xinhua, China.


Persahabatan

Direktur Utama Perum Kantor Berita Antara Saiful Hadi, pada sambutannya, mengatakan Antara bangga dapat menyelenggarakan pameran foto dengan Xinhua, yang dapat menjadi langkah untuk turut membantu meningkatkan jalinan persahabatan Indonesia dan China.

"Semoga pameran ini dapat memberi inspirasi kepada setiap pengunjung dari berbagai kalangan untuk melakukan yang terbaik bagi kedua bangsa, melalui berbagai peristiwa sejarah yang diabadikan dalam foto-foto ini," ujar Saiful Hadi.

Presiden Kantor Berita Xinhua Li Qongjun, pada sambutannya, mengatakan foto yang dipamerkan dalam ajang ini telah dipilih secara cermat oleh kedua kantor berita dan yang terpilih, diantaranya, pertama kali untuk dipamerkan kepada kalangan umum.

"Foto-foto ini benar-benar menangkap momen-momen penting yang berharga dalam hubungan dua negara dan benar-benar menggambarkan pertukaran yang ramah, persahabatan yang mendalam, dan hasil kerja sama kedua bangsa," kata Presiden Xinhua.

Sebelum meresmikan pameran foto, Presiden China Xi Jinping, menikmati pertunjukkan puluhan siswa Sekolah Harapan Bangsa yang mengenakan baju tradisional nusantara dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan China.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013