Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Di sesi "Huawei Product & Solution Launch 2024" yang berlangsung di MWC Barcelona 2024, Bruno Zhang, CTO, Huawei Cloud, berkata, "Huawei Cloud berkomitmen membangun landasan komputasi awan pintar bagi industri telekomunikasi, serta mempercepat kehadiran teknologi pintar di berbagai industri dengan inovasi sistematis yang mencakup 'AI for Cloud' dan 'Cloud for AI'."

"AI for Cloud": Merombak Industri dengan Model Pangu

Model Huawei Cloud Pangu menggerakkan pemutakhiran canggih di berbagai industri dan aplikasi komputasi awan.

Menurut Zhang, klien di industri telekomunikasi telah menerapkan model AI tersebut. Model litbang (R&D) Pangu membantu kalangan pengembang aplikasi membuat kode pemrograman hanya dengan satu kali percobaan, serta melakukan pengujian (test case) hanya dengan satu klik. Model telekomunikasi Pangu secara otomatis menyelesaikan kerusakan jaringan hanya dalam hitungan menit. Model manusia virtual (virtual human) Pangu juga memiliki akurasi sinkronisasi bibir (lip sync) hingga 95% ketika menyediakan layanan pelanggan dan livestreaming. Model-model ini akan semakin lengkap.

"Cloud for AI": Menjawab Tantangan dengan Inovasi Sistematis

Agar industri telekomunikasi dapat membangun infrastruktur komputasi awan yang pintar, Huawei Cloud menyediakan rangkaian solusi yang terdiri atas AI-native storage, GaussDB, konvergensi data-AI, arsitektur QingTian yang terdistribusikan. Rangkaian solusi ini diimplementasikan dan digunakan pada komputasi awan, jaringan, edge, dan perangkat.

•  AI Native Storage: Pita lebar berkapasitas besar, konkurensi tinggi, serta latensi rendah untuk model dasar AI Pelatihan model dasar AI membutuhkan data hingga heksabita. Huawei Cloud mudah menangani kebutuhan ini dengan tiga pendekatan. Pertama, layanan memori EMS menyimpan parameter berukuran petabita dengan ultra-large bandwidth hingga 220 TB dan latensi sangat rendah hingga mikrodetik. Kedua, layanan cache SFS Turbo memiliki throughput dan konkurensi yang tinggi. Dengan IOPS yang mencapai puluhan juta, tahap persiapan satu miliar data tidak lagi menguras waktu 100 jam, kini hanya mencapai lima jam. Ketiga, knowledge lake yang dibangun pada Object Storage Service (OBS) menghemat biaya penyimpanan data pelatihan dan inferensi hingga 30%.

•  GaussDB: Bank data (database) canggih yang membantu pihak operator mengolah data secara efisien dan aman GaussDB adalah bank data terdistribusikan yang berstandar perusahaan dengan lebih dari 100.000 node. Untuk ketersediaan layanan, GaussDB menjamin konsistensi yang baik pada klaster ganda dengan nol RPO. Untuk keamanan, GaussDB bersertifikasi CC EAL4+, level tertinggi di industri. Untuk otomatisasi, GaussDB menyediakan alat terpadu untuk mengonversi dan memigrasikan 95% sintaksis umum.

•  Platform konvergensi Data-AI: Landasan data yang baik untuk model dasar AI Data sangat berperan dalam model dasar AI. Untuk mengembangkan model telekomunikasi secara spesifik, data dari domain BSS, OSS, dan MSS harus disatukan dalam satu data lake. Platform konvergensi data-AI dari Huawei Cloud merupakan landasan data yang baik untuk model-model ini. Dengan LakeFormation, satu salinan data dapat dibagikan tanpa migrasi. Dengan DataArts Studio, ilmuwan AI memperoleh data bermutu tinggi dan memenuhi regulasi. Terakhir, tiga pipeline – DataArts, ModelArts, dan CodeArts – mengatur dan menjadwalkan data serta alur kerja AI agar pelatihan model AI secara daring dan inferensi sesuai dengan data real-time.

•  Model implementasi multi-cloud yang pertama di industri, serta solusi Cloud on Cloud Seluruh fitur model Pangu tersebut dan layanan komputasi awan yang didukung Pangu dirancang secara khusus menurut masing-masing klien sehingga dapat diterapkan pada public cloud, dedicated cloud, atau hybrid cloud. Misalnya, perusahaan telekomunikasi dapat membangun dan menjalankan platform AI khusus dan model dasar pada pusat data yang telah digunakan dengan menggunakan Huawei Cloud Stack, sebuah cloud hybrid.

Huawei Cloud juga menawarkan layanan konsultasi, kegiatan operasional terpadu, serta layanan migrasi terpadu lewat solusi Cloud on Cloud.

Sebagai penutup, Zhang menggambarkan komitmen Huawei Cloud pada kesuksesan bersama. Teknologi bersama tersedia lewat 150.000 API. Pengalaman bersama berasal dari kiprah Huawei Cloud melayani lebih dari tiga juta klien global. Dan, ekosistem bersama kini mencakup 10.000 KooGallery. Upaya tersebut membantu pihak operator membangun layanan B2B dan menangkap peluang agar tetap kompetitif.

MWC Barcelona 2024 berlangsung pada 26-29 Februari di Barcelona, Spanyol. Di ajang ini, Huawei memamerkan produk dan solusi terkini di stan 1H50 di Fira Gran Via Hall 1. Menjelang peluncuran 5.5G secara komersial pada 2024, Huawei berkolaborasi dengan pihak operator dan mitra di seluruh dunia guna membuat inovasi baru dalam jaringan, komputasi awan, dan teknologi pintar. Secara kolaboratif, kita akan menggerakkan bisnis 5G dan membangun ekosistem industri yang berkembang pesat, menciptakan era baru transformasi digital dan pintar. Informasi lebih lanjut tersedia di https://carrier.huawei.com/en/events/mwc2024

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024