Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan membicarakan sejumlah upaya peningkatan kerja sama berbagai bidang antara kedua negara yang selama ini telah berjalan baik.

"Wapres menyatakan kegembiraannya atas kemajuan hubungan perdagangan kedua negara yang meningkat. Ia juga menyampaikan penghargaan atas diperbolehkannya Indonesia membuka bank milik pemerintah di Shanghai demi meningkatkan transaksi lebih tinggi lagi," kata Juru Bicara Wapres Boediono, Yopie Hidayat, di Jakarta Kamis.

Pertemuan Wapres Boediono dengan Presiden Xi Jinping dilakukan di salah satu hotel di Jakarta dan berlangsung dalam suasana hangat serta akrab.

Dia mengatakan Wapres juga menyampaikan penghargaannya atas ditandanganinya "Bilateral Swap Agreement" antara Bank Indonesia dengan bank sentral Republik Rakyat China.

Boediono berharap pada masa mendatang masih ada ruang terbuka untuk meningkatkan kerja sama, yang fokusnya di bidang ekonomi dan keuangan yang bisa mengurangi risiko gejolak ekonomi global.

Presiden Xi Jinping dalam pertemuan itu mengatakan kunjungan tersebut adalah kunjungan pertamanya di Asia Tenggara sebagai Presiden, sedangkan Indonesia adalah tujuan pertama.

Hal itu, menandakan betapa pentingnya Indonesia bagi China.

Ia menyatakan gembira memiliki pandangan yang sama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai posisi dan kedudukan negara masing-masing dalam meningkatkan kemitraan strategis antara kedua negara.

Indonesia dan China pun memiliki kepentingan yang sama dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Presiden Xi Jinping gembira bahwa dalam kunjungan itu, sudah dibahas berbagai langkah peningkatan hubungan secara konkret dalam bidang ekonomi dan keuangan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013