... kami pastikan persediaan avtur untuk KTT APEC 2013 aman... "
Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) meningkatkan stok avtur hingga 86 persen di Bandara Ngurah Rai, Bali, mengantisipasi lonjakan kebutuhan bahan bakar itu, selama pelaksanaan KTT APEC 2013, pada 1-8 Oktober 2013.

"Stok avtur sudah kami tingkatkan jadi 13 hari dari sebelumnya hanya tujuh hari," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, peningkatan stok avtur dilakukan melalui penambahan satu unit tangki timbun berkapasitas 4.500 kiloliter di Ngurah Rai.

Akan banyak penerbangan VIP memakai pesawat terbang khusus oleh para kepala negara/kepala pemerintahan peserta KTT APEC 2013. Tercatat 21 kepala negara/kepala pemerintahan akan datang secara bergelombang. 

Ia juga mengatakan, dalam sepekan terakhir, penyaluran avtur di Ngurah Rai sudah meningkat dari rata-rata normal sekitar 1.400 kiloliter menjadi 1.600 kiloliter perhari atau meningkat 14 persen.

"Bahkan, ada hari tertentu, penyaluran bisa 2.000 kiloliter perhari," katanya.

Selain depot Ngurah Rai, stok avtur juga didukung Terminal BBM Manggis, Bali, dan juga dua tanker dari kilang Balikpapan yang difungsikan sebagai penampungan terapung.

"Bisa kami pastikan persediaan avtur untuk KTT APEC 2013 aman," katanya.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013