Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten meluncurkan Calendar of Events 2024 yang berisi kegiatan selama satu tahun penuh bertepatan dengan hari ulang tahun ke-31 tanggal 28 Februari.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang Rabu mengatakan calendar of events diluncurkan agar masyarakat dapat melihat dan mengetahui kegiatan yang akan berlangsung di Kota Tangerang.

"Ini juga sekaligus sebagai upaya branding Kota Tangerang sebagai City of Events. Total secara keseluruhan terdapat 60 event yang akan berlangsung di tahun 2024. Informasi calendar of events tersebut juga akan disebarluaskan ke masyarakat Kota Tangerang," kata Herman Suwarman usai acara peluncuran di Puspemkot Tangerang.

Ia juga menuturkan, Kota Tangerang sebagai Gateway of Indonesia memberikan berbagai kemudahan akses bagi siapa saja, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dengan lokasi yang sangat strategis tersebut, diharapkan berbagai kegiatan dan acara yang dibuat baik oleh Pemkot Tangerang maupun pihak lainnya dapat membangun Kota Tangerang dalam berbagai sektor.

"Kami harap, masyarakat juga dapat turut memeriahkan berbagai acara yang ada di Kota Tangerang. Silakan cek seluruh jadwal acara di media sosial kami @tangerangkota. Mari kita semua berkolaborasi wujudkan visi untuk Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan gerakan aksi bergizi di sekolah

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan Pemkot Tangerang meluncurkan sebanyak 60 kalender event akan digelar di kota Tangerang sepanjang tahun 2024.

"Jadi tiap bulan ada event besar di Kota Tangerang seperti bulan ini HUT Kota, nanti Maret ada Ramadan karim, juga event-event rutin yang menjadi ikon kota Tangerang seperti Festival Cisadane dan lainnya, " kata Rizal

Dikatakan Rizal, kalender event disusun oleh tim yang terdiri dari Disbudpar, Dinas Kominfo, Prokomp dan Tangerang LIVE Room. Kalender event memuat berbagai event dari seluruh OPD di Kota Tangerang.

"Jadi semua dinas mengirimkan kepada kami event di tahun 2024. Untuk tahun ini ada event yang baru dilaksanakan yaitu Festival Pintu Air 10 pada bulan November mendatang, isinya tentang kesenian dan budaya Sunda di Kota Tangerang," ujarnya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, kalender event disusun dalam rangka memberikan informasi event kepada masyarakat serta meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke kota Tangerang.

"Targetnya tahun ini bisa mencapai 14-15 ribu wisatawan, kunjungan wisatawan dapat memberikan dampak ekonomi bagi sektor usaha pariwisata serta masyarakat dilokasi event," ungkap Rizal.

Terkait event HUT Kota Tangerang, Malam Puncak hari jadi Kota Tangerang ke 31 dipusatkan di Taman Elektrik dengan menghadirkan artis papan atas yaitu Gigi Band, band-band lokal dan tarian kesenian kota Tangerang.

"Seperti di tahun-tahun sebelumnya, tujuan kita untuk menghibur masyarakat dengan banyak tampilan dari musisi nasional serta musisi lokal. Malam puncak HUT Kota juga tersedia kuliner dan produk UMKM, kuliner hotel serta restoran," pungkasnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar vaksinasi rabies gratis mulai 5 Februari 2024

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024