Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyiapkan atlet lari nomor 100 meter Lalu Muhammad Zohri untuk menghadapi tiga kejuaraan yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Kami plot tiga kompetisi untuk Zohri, ada Korea Open, Tokyo Open, dan Taiwan Open selama bulan April, Mei, dan Juni," ujar Sekjen PB PASI Tigor Tanjung kepada wartawan usai mengikuti acara Kick-Off LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan, ada tiga jalur untuk lolos kualifikasi menuju Olimpiade ada tiga yaitu menembus standar waktu, juara kontinental, dan melalui rangking.

Dari ketiga jalur itu, kata dia, Zohri (panggilan Lalu Muhammad Zohri) difokuskan untuk menembus limit atau standar waktu karena performa mencatatkan waktu yang masih bagus.

Tigor menyebutkan, pada kompetisi empat tahun lalu, Zohri mencatatkan 10.05 detik dan juga pernah mencapai performa terbaiknya dengan waktu 10,03 detik.

"Nah sekarang Zohri harus menembus 10 detik untuk bisa lolos ke Olimpiade," ujarnya.

Baca juga: PASI andalkan Lalu Muhammad Zohri lolos kualifikasi Olimpiade 2024

Ia mengatakan, target waktu 10 detik ini merupakan tantangan yang cukup berat, namun sudah dibicarakan dengan Zohri dan pelatih agar mereka benar-benar fokus mencapai target.

Saat ini, kata dia, tim pelatih dan tim pendukung mempersiapkan sprinter asal Nusa Tenggara Barat itu dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi tiga kompetisi tersebut.

Tigor menambahkan, PB PASI telah merencanakan tempat pelatihan terpusat untuk Zohri yang akan berlangsung di Amerika Serikat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa mencapai kesepakatan dan bisa mengirim Zohri ke sana untuk berlatih dan diawasi tim pelatih di sana, sesudah itu baru mengikuti kompetisi-kompetisi tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Latihan di luar negeri jadi harapan Zohri pertajam catatan waktu
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024