Jadi hasil penelitian Gunung Padang ini akan dibawa pada seminar kebudayaan tingkat internasional yang akan dilaksanakan pada awal Desember tahun ini,"
Bandung (ANTARa News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menegaskan Pemprov Jabar serius menindaklanjuti hasil riset oleh berbagai peneliti dari berbagai bidang terhadap situs Magalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur, yakni dengan membuat aturan-aturan yang ada.

"Ya, saya dengar presiden sudah mendukung atas situs Gunung Padang ini dan akan mengeluarkan inpres. Ya kita akan dukung. Pokoknya kita akan serius mengurusi masalah ini, baik itu dalam soal penelitian atau ekskavasi situs Gunung Padang," kata Deddy Mizwar, di Kota Bandung, Kamis.

Ditemui usai ekspos situs Gunung Padang di Gedung Sate Bandung, ia mengatakan, perluasan Gunung Padang harus ditangani secara serius karena Gunung Padang merupakan tandan bukti peradaban manusia yang ada di wilayah Jabar.

Oleh sebab itu, kata Wagub Jabar, harus ada aturan-aturan yang menunjang terhadap bukti peradaban tersebut.

"Sehingga dengan adanya hasil penelitian beberapa peneliti dari berbagai bidang, baik arkeologi, arsitektur dan lainnya diharapkan menjadi pendorong untuk menguak keberadaan situs tersebut.

Ia menuturkan, untuk menguak situs tersebut harus berdasarkan undang-undang cagar budaya.

Pihaknya sangat tertarik dengan gambar imajiner dari para arsitektur terhadap perluasan Gunung Padang.

"Jadi hasil penelitian Gunung Padang ini akan dibawa pada seminar kebudayaan tingkat internasional yang akan dilaksanakan pada awal Desember tahun ini," kata dia.

Menurut dia, Pemprov Jawa Barat akan sangat mendukung terhadap keberadaan Gunung Padang ini, termasuk dalam hal pendanaan.

Pemprov Jabar, kata Deddy, menyatakan siap menganggarkan sejumlah dana namun aturananya dulu yang harus dibahas karena jika ekskavasi Gunung Padang ini dikelola pusat maka anggarannya tentu berasal dari APBN.(*)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013