Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menyusul langkah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati ke babak 16 besar German Open 2024, Kamis.

Kepastian itu didapatkan setelah Rinov/Pitha membukukan kemenangan atas wakil tuan rumah, David Eckerlin/Amelie Lehmann melalui dua gim langsung dengan skor 21-5, 21-14, pada laga yang digelar pada Kamis dini hari WIB tersebut.

Mengenai jalannya pertandingan, Rinov/Pitha terlihat mendominasi dari awal, terutama di gim pertama. Mereka tidak memberikan pasangan Jerman untuk mengembangkan permainan, hingga akhirnya memenangkan gim pertama dengan selisih skor yang jauh.

Berlanjut di gim kedua, Rinov/Pitha mencoba untuk mempertahankan dominasi mereka. Meskipun sempat hampir terkejar, pasangan Indonesia menjaga fokus mereka dan dengan yakin merebut gim kedua sekaligus mengamankan tempat mereka di babak kedua.

Pasangan yang turun sebagai unggulan kedelapan di turnamen BWF Super 300 ini menemukan kepercayaan dirinya lagi setelah sebelumnya gugur di babak-babak awal dalam beberapa turnamen terakhir.

Baca juga: Tiga ganda campuran Indonesia siap berlaga di German Open 2024

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja memang menargetkan Rinov/Pitha untuk bangkit lebih kuat di German Open demi mengumpulkan lebih banyak poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Nanti kita lihat progresnya hingga dua-tiga event ini sampai ke Orleans. Koh Herry (IP, pelatih ganda campuran Indonesia) juga minta berangkat untuk mendampingi Rinov/Pitha, dan semoga sesuai harapan dengan pertandingan-pertandingan yang sudah ditentukan,” kata Ricky, saat ditemui di Pelatnas PBSI, awal pekan ini.

Di sisi lain, ganda campuran lainnya, yaitu Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus mengakui keunggulan pasangan veteran asal Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek, setelah kalah dalam rubber game ketat 19-21, 21-17, 21-23.

Dengan ini, maka Indonesia hanya menyisakan dua wakil saja di babak 16 besar German Open 2024. Rinov/Pitha akan berjumpa dengan wakil Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, sementara Rehan/Lisa bakal berhadapan dengan wakil Australia Kenneth Zhe Hooi Choo/Gronya Somerville di babak kedua, yang digelar mulai pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Rinov/Pitha fokus perbaiki performa untuk hadapi rangkaian tur Eropa
Baca juga: Rinov/Pitha atasi laga sengit atas ganda Denmark di Indonesia Masters


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024