Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim RB Daniel Ricciardo mengatakan siap untuk tampil tanpa beban pada musim pembuka Formula 1 2024 yaitu Grand Prix Bahrain, yang bergulir pada 29 Februari sampai 2 Maret di Sirkuit Internasional Bahrain.

Ricciardo mengatakan ia memiliki energi baru dan bebas dari “beban negatif dan stres” yang ia alami saat menderita cedera parah akibat kecelakaan tahun lalu.

“Akhirnya, ini adalah waktu saya untuk balapan lagi,” kata Ricciardo, dikutip dari laman web resmi Formula 1, Kamis.

“Sejujurnya, saya tidak sabar untuk memulai. Berbeda dengan tahun lalu, kali ini, pramusim berjalan dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Adapun Ricciardo melakukan debut di kelas premier ini bersama Hispania pada 2011, sebelum akhirnya keluar-masuk ke banyak tim elite lainnya seperti Toro Rosso, Red Bull, Renault, dan McLaren.

Baca juga: Ricciardo pastikan tetap prioritaskan F1 di tengah jadwal yang padat

Pembalap asal Australia itu sempat meninggalkan grid balapan di tahun 2022 saat ia bersama McLaren. Namun, pada pertengahan tahun 2023, ia direkrut oleh tim AlphaTauri (yang kini berubah nama menjadi RB), menggantikan Nyck de Vries yang dinilai tidak menunjukkan penampilan yang bagus di awal hingga pertengahan musim lalu.

“Setelah tahun 2022, saya membutuhkan waktu jeda atau istirahat, jadi sangat menyenangkan untuk kembali ke pertengahan musim (2023). Tapi, dalam hal persiapan penuh, tahun ini adalah cara yang lebih baik untuk bersiap-siap. Saya merasa ini seperti awal dari bagian kedua karier saya,” ungkap Ricciardo.

“Saya merasa ‘lapar’ dan termotivasi tanpa ada beban negatif di pundak saya atau stres yang menyertainya, yang dapat mengganggu hidup saya,” katanya menambahkan.

Ricciardo, yang telah 239 kali menjadi starter di grand prix dan membukukan delapan kemenangan balapan, juga menceritakan apa yang telah ia dan RB lakukan sejak mereka diam-diam tampil mengesankan pada tes pramusim minggu lalu.

Baca juga: Ricciardo harap 2024 jadi titik balik setelah lalui cedera
Baca juga: Red Bull sebut adanya kemungkinan Ricciardo masuk ke tim pada 2025


Ia melanjutkan, sejak tes pramusim berakhir, ia dan tim tetap tinggal di Bahrain dan fokus untuk mempelajari semua data dan melakukan pengembangan mobil lebih lanjut.

“Bersama para insinyur, kami telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari semua data dari tiga hari di trek, jadi kami tahu apa yang ingin kami lakukan segera setelah kami mencapai trek untuk latihan bebas,” ujar dia.

Sementara itu, GP Bahrain akan bergulir mulai 29 Febuari sampai 2 Maret. Hari ini, sesi latihan bebas pertama bakal dimulai pukul 18.30 WIB, sementara latihan bebas kedua pada pukul 22.00 WIB.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024