Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim RB Daniel Ricciardo membuktikan dirinya bangkit lebih kuat setelah menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas pertama Grand Prix Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Kamis.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Ricciardo mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 32,869 detik dan berada di depan duo McLaren, Lando Norris dan Oscar Piastri, yang masing-masing terpaut 0,032 detik dan 0,244 detik di belakang pembalap asal Australia tersebut.

Tak ingin kalah, rekan satu tim Ricciardo, Yuki Tsunoda, juga mengisi daftar lima besar pembalap tercepat pada sesi ini, dengan hanya tertinggal 0,314 detik.

Berada di belakangnya, ada pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin) yang memulai musim pembuka dengan cukup kuat dan terpaut 0,324 detik dari Ricciardo.

Adapun juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) sebenarnya memimpin jalannya sesi pertama ini dengan waktu lap tercepat 1 menit 33,535 detik, sebelum mengeluhkan ada masalah saat melakukan downshift dan upshift.

Baca juga: Ricciardo siap tampil tanpa beban pada GP Bahrain 2024

Hal itu membuat posisi Verstappen dimanfaatkan oleh para pembalap di belakangnya, sampai akhirnya Ricciardo mengambil alih dan memimpin jauh sang juara dunia tiga kali yang finis pada posisi keenam.

Selain Verstappen, para pembalap yang difavoritkan penggemar pada musim ini seperti George Russell (Mercedes), Charles Leclerc (Ferrari), dan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes) masing-masing menempati posisi tujuh, delapan, dan sembilan.

Melengkapi daftar 10 besar adalah Valtteri Bottas yang menggunakan ban lunak. Ia memimpin di depan Carlos Sainz (Ferrari) dan Sergio Perez (Red Bull).

Setelah menjalani sesi latihan bebas pertama, 20 pembalap dari 10 tim ini masih akan melakoni sesi latihan bebas kedua pada pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Ricciardo sebut target tim RB adalah finis lima besar di F1 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024