Jakarta (ANTARA) - Pembalap Daniel Ricciardo mengatakan tim RB (sebelumnya adalah AlphaTauri) menargetkan untuk finis lima besar pada Formula 1 musim 2024.

“Kita harus memiliki target yang tinggi, tapi karena saya sudah lama berkecimpung dalam olahraga ini, kita harus tetap realistis karena tidak ingin akhirnya kecewa,” kata Ricciardo, dikutip dari laman resmi Formula 1.

“Lima besar harus menjadi target dan jika kami berhasil mencapai posisi itu maka mungkin beberapa podium akan muncul dengan sendirinya… Saya pikir kita telah membuat langkah tahun lalu, mari kita membuat beberapa langkah lagi,” ujarnya menambahkan.

Hal itu menyusul tim asal Italia yang baru-baru ini mengungkapkan mesin baru mereka VCARB 01 yang telah dirombak sedemikian rupa di bawah kepemimpinan baru Laurent Mekies sebagai kepala tim serta peran baru Tim Goss sebagai kepala teknis dan Alan Permane sebagai racing director.

“Ada banyak personel baru, beberapa mitra besar bergabung. Saya merasa ini adalah sebuah kemajuan. (Tim) Bukan lagi sekadar platform bagi Red Bull Racing, ini saatnya kita bertarung di lini tengah depan,” kata Ricciardo.

“Saya menyukai perubahan yang terjadi. Ada sesuatu yang baru tentang tim, pola pikirnya sedikit berbeda, dan saya merasa mereka memiliki sebuah hal yang perlu dibuktikan. Menurut saya, itu keren dan menyenangkan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pemerintah tinjau kembali GP Singapura setelah ada dakwaan korupsi

Pemenang grand prix delapan kali itu pun mengaku tidak sabar untuk segera kembali ke balik kemudi dan menjalani beberapa uji coba pramusim dengan mobil barunya.

“Saya merasa baik. Saya sudah melakukan persiapan, saya punya sedikit kemajuan dari tahun lalu, jadi saya mengenal tim dengan baik,” ujar pembalap asal Australia itu.

Ia melanjutkan, selama periode pramusim, Ricciardo juga banyak mempersiapkan diri dari sisi mental, sehingga fisik dan pikirannya pun bisa berada dalam kondisi siap bertarung dan kompetitif saat kembali lagi ke trek.

“Ada banyak hal yang harus kami pegang secara optimistis menjelang awal musim ini,” kata Ricciardo.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Baca juga: Bottas dan Zhou miliki ekspektasi tinggi dengan potensi Kick Sauber
Baca juga: Williams bawa desain dan tekad baru untuk hadapi F1 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024