... investasi di bidang infrastruktur diharapkan akan meningkatkan konektivitas kepentingan bersama negara APEC... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia mendorong pembentukan kerangka kerja sama pembangunan dan investasi bidang infrastruktur antara negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik.

"Kami harap pemimpin APEC menyetujui kerangka kerja mendorong kerja sama pembangunan dan investasi infrastruktur," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mahendra Siregar, usai meluncurkan mobil ramah lingkungan, di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menurut dia, investasi di bidang infrastruktur diharapkan akan meningkatkan konektivitas kepentingan bersama negara APEC.

Mantan wakil menteri keuangan itu mengungkapkan, khusus untuk pembangunan infrastruktur, skema public private. 

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, pada Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan di Nusa Dua, Bali (20/9), mengungkapkan, kondisi ekonomi global saat ini bergerak pada fase baru di mana ekonomi negara maju sedang menguat, meskipun tidak sekuat yang diharapkan sebelumnya.

"Pertumbuhan negara berkembang melambat, termasuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik," katanya.

Bank Dunia mencatat, negara-negara berkembang dan pasar potensil di dalam APEC diprediksi mampu berkontribusi hampir 50 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

Pendapatan domestik bruto (GDP) secara global diproyeksikan meningkat sekitar 2,4 persen pada 2013 dan bertahap menguat hingga sekitar 3,2 persen hingga 3,5 persen pada 2014 dan 2015.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013