Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala dan leher RS Cipto Mangunkusumo dr. Ayu Astria Sriyana, SpTHTBKL, Subsp.oto(K) memberikan sejumlah saran yang bisa dilakukan oleh penderita benjolan di depan telinga untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. 

"Kalau yang sifatnya infeksi mungkin memang faktor risikonya adalah infeksi atau daya tahan tubuh kita yang menurun. Jadi memang perbanyak konsumsi makanan yang sehat," ujar Ayu dalam diskusi daring tentang benjolan yang muncul di depan telinga, Kamis.

Ayu mengatakan bahwa kebanyakan benjolan yang muncul pada tubuh bersifat idiopatik, yang artinya faktor risikonya tidak selalu jelas. Untuk benjolan yang berkaitan dengan infeksi, penguatan sistem imun sangat penting.

Baca juga: Waspadai benjolan yang muncul di depan telinga, bisa jadi kanker

Menjaga pola makan sehat, mengonsumsi nutrisi yang cukup, dan menghindari faktor-faktor yang dapat menurunkan sistem imun merupakan langkah yang bisa dilakukan.

Dalam konteks pencegahan tumor, baik ganas maupun jinak, dia menyarankan untuk menghindari hal-hal yang terkait dengan bahan karsinogenik seperti rokok.

Ayu juga menyinggung tentang infeksi kronis di sekitar telinga. Infeksi yang jika tidak diobati dapat menyebabkan perubahan jaringan, bertransformasi menjadi sel ganas, dan pada akhirnya menimbulkan benjolan di area depan telinga.

Oleh karena itu, penanganan segera terhadap infeksi di sekitar telinga sangat dianjurkan.

Baca juga: Hal yang perlu diperhatikan mereka dengan kondisi telinga kecil

"Jadi awalnya infeksi di telinga, lalu jaringan itu tumbuh terus kemudian dia akhirnya bertransformasi menjadi sel ganas, kemudian menginfiltrasi daerah kelenjar liur yang ada di depan telinga, itu bisa terjadi. Jadi sangat penting apabila ada infeksi di area sekitar telinga tersebut adalah segera diobati," kata dia.

Dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala dan leher di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo dr Ika Dewi Mayangsari, Sp.THT-BKL, Subsp.Onk(K), FICS menambahkan bahwa langkah-langkah umum yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya benjolan di depan telinga adalah menerapkan gerakan "CERDIK".

Ika mengatakan "CERDIK" merupakan singkatan. C adalah cek kesehatan secara berkala, E adalah enyahkan asap rokok, R adalah rajin berolahraga, D adalah diet seimbang, I adalah istirahat yang cukup, dan K adalah kelola stres.

"Jadi secara umum hal-hal inilah yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh kita sehat dan mencegah terjadinya kanker. Dan satu lagi yang bisa saya tambahkan adalah rajin berdoa," pungkas dia. 

Baca juga: Kata dokter tentang pencegahan dan penanganan telinga kecil

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024