Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Seketaris Jenderal Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO, Taleb Rifai, menyatakan indeks keterbukaan Indonesia merupakan yang tertinggi di antara anggota APEC (Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik) lainnya.

"Berdasarkan hasil matriks penilaian yang telah kami kembangkan, Indonesia mendapatkan nilai antara 62-63 dari skala 100, yang dilakukan dalam waktu lima tahun belakangan ini," ujar Taleb, dalam kesempatan jumpa pers dalam rangkaian APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Indikator keterbukaan tersebut berdasarkan penilaian dari Negara-negara yang masih memerlukan pengurusan visa sebelum keberangkatan, penerapan visa pada kedatangan (visa on arrival), dan Negara yang dapat memberikan kemudahan pengurusan visa online.

"Berdasarkan indikator-indikator ini, Indonesia telah melaksanakan tugasnya secara baik," ujar Taleb.

"Akan sangat baik jika mereka (wisatawan) dapat mendapatkan visa pada saat tiba di Negara tujuan, atau bahkan tidak memerlukan visa sama sekali," ujar dia.

Menurut Taleb Indonesia sudah melakukan tugasnya lebih baik dari negar-negara lain. Potensi pendapatan dari semua itu  hampir  90 miliar dolar AS. 

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013